Metadata Variabel

Cari Variabel
Kata Kunci
Menampilkan 1-10 dari 7523 hasil
Pekerja tetap usaha 
Pekerja yang memperoleh upah/gaji secara tetap, tidak tergantung pada banyaknya hari kerja. Biasanya apabila diberhentikan akan mendapat pesangon.
Pekerja kebun/lapangan 
Pekerja yang kegiatannya berkaitan langsung dengan kebon/lapangan, seperti pengolahan tanah, penanaman, pemupukan, pemanenan serta perawatan
Pengeluaran lainnya untuk budidaya tanaman perkebunan 
Pengeluaran yang meliputi pengeluaran untuk jasa pertanian, pembelian alat tulis dan keperluan kantor, pemakaian listrik, transportasi dan komunikasi, sewa gedung dan peralatan lain, bunga pinjaman, pajak tak langsung, dan lain-lain yang dirinci sesuai jenis tanaman.
Luas tanam tanaman perkebunan semusim 
Luas tanaman yang betul-betul ditanam (sebagai tanaman baru) pada bulan laporan, baik penanaman yang bersifat normal maupun penanaman yang dilakukan untuk mengganti tanaman yang dibabat/dimusnahkan karena terserang OPT atau sebab-sebab lain
Jenis kondisi tanaman 
- Tanaman Belum Menghasilkan (TBM) adalah tanaman yang belum memberikan hasil karena masih muda, belum pernah berbunga atau belum cukup umur untuk berproduksi. - Tanaman Sedang Menghasilkan (TSM) adalah tanaman yang sedang menghasilkan dan atau sudah pernah menghasilkan, dan pada saat ini sedang menghasilkan dari masing-masing nama kebun. - Tanaman Sedang Tidak Menghasilkan (TSTM) adalah tanaman yang sedang menghasilkan dan atau sudah pernah menghasilkan dan pada saat ini sedang tidak menghasilkan karena belum musimnya. - Tanaman Tidak Menghasilkan (TTM) adalah tanaman yang sudah tua, rusak dan tidak memberikan hasil yang memadai lagi, walaupun ada hasilnya tetapi secara ekonomi sudah tidak produktif lagi (produksi kurang dari 15% dari produksi normal).
Jenis perkebunan 
- Kebun sendiri/inti adalah kebun yang pengelolaan budidayanya dilakukan oleh administratur - Kebun plasma yang belum dikonversi adalah perkebunan rakyat yang dibangun dan dibina oleh perusahaan perkebunan yang terkait dengan program PIR-BUN yang belum diserahkan ke rakyat.
Unit pengolahan produksi 
Unit yang melakukan kegiatan mengubah produksi primer menjadi hasil olahan dan atau barang yang kurang nilainya menjadi barang yang lebih nilainya.
Kemitraan usaha perkebunan 
Kerjasama usaha antara perusahaan mitra (bertindak sebagai inti) dengan kelompok mitra (baik sebagai plasma maupun sebagai pekebun binaan kebun inti) sesuai dengn ketentuan yang berlaku.
Jenis kantor perusahaan perkebunan, kantor administratur, kantor pusat, dan group perusahaan 
- Kantor administratur adalah suatu unit kegiatan ekonomi/usaha yang mengatur kegiatan administrasi kebun yang bersifat resmi. Kantor administratur dapat bertanggung jawab terhadap satu atau beberapa lokasi kebun. - Kantor pusat adalah perusahaan/usaha yang mempunyai cabang/perwakilan unit pembantu di tempat lain yang secara administratif melakukan pengkoordinasian kegiatan dan pengawasan terhadap seluruh perusahaan cabang/perwakilan/unit pembantunya. - Group perusahaan adalah perusahaan yang memiliki sebagian atau seluruh saham pada satu atau beberapa perusahaan lain untuk mengendalikan atau turut serta mengendalikan perusahaan-perusahaan tersebut.
Pola distribusi hasil produksi tebu 
Pola distribusi hasil produksi tebu dari rumah tangga yang mengusahakan tebu di level Kabupaten
Metadata kegiatan statistik sektoral/khusus yang tersedia merupakan hasil penghimpunan tahun 2018. Metadata sebelumnya dapat diakses melalui SIRuSa 2014.
Copyright © 2019 Badan Pusat Statistik. All Rights Reserved.