Metadata Variabel

Cari Variabel
Kata Kunci
Menampilkan 1-10 dari 7552 hasil
Pengeluaran Konsumsi Pemerintah 
Pengeluaran konsumsi akhir pemerintah adalah pengeluaran atas barang dan jasa yang di konsumsi oleh pemerintahan umum, terdiri dari jasa kolektif serta barang dan jasa individu.
Mengunjungi peninggalan sejarah / warisan budaya di Indonesia 
Mengunjungi museum/situs peninggalan sejarah adalah seseorang yang datang/berkunjung ke situs peninggalan sejarah/warisan budaya dalam rangka penelitian, pendidikan, atau rekreasi. Peninggalan sejarah/warisan budaya yang dimaksud adalah yang terdapat di Indonesia.
Menonton Pertunjukan/ Pameran Seni di Indonesia 
Menonton/Menikmati Pertunjukan/Pameran Seni adalah apabila seseorang meluangkan waktu (baik berniat maupun tidak) untuk menonton pertunjukan/pameran seni, baik dengan membayar ataupun tidak, baik di tempat khusus pertunjukan ataupun tidak, seperti menonton pertunjukan seni di pusat perbelanjaan atau di tempat resepsi pernikahan
Tanggapan yang berkenaan dengan perilaku membuang sampah pada tempatnya, penggunaan trotoar, penggunaan jalan raya, dan budaya antre di lingkungan sekitar 
Membuang sampah pada tempatnya adalah membuang sampah pada tempat penampungan sampah baik yang bersifat sementara seperti tempat sampah di tiap rumah/pemukiman, tempat umum, maupun tempat pembuangan sampah akhir. Trotoar adalah jalur pejalan kaki yang umumnya sejajar dengan sumbu jalan dan lebih tinggi dari permukaan perkerasan jalan untuk menjamin keselamatan pejalan kaki yang bersangkutan. Jalan raya adalah jalan besar dan lebar, biasanya beraspal, dapat dilalui kendaraan dari dua arah berlawanan; jalan utama yang menghubungkan satu kawasan dengan kawasan yang lain dan biasanya digunakan untuk kendaraan bermotor dan masyarakat umum, termasuk juga pemanfaatan bahu jalannya. Antre adalah menunggu untuk mendapat giliran dengan berdiri berderet ke belakang, seperti : membeli karcis, mengambil ransum, membeli bensin, dll.
Tanggapan tentang pelayanan publik yang pernah dirasakan di wilayah tempat tinggal 
Apakah pelayanan publik di wilayah tempat tinggal dilakukan dengan cepat dan tidak bertele-tele, biaya yang jelas, dan tanggap melayani keluhan atau permintaan masyarakat. Contoh pelayanan publik adalah pelayanan KTP, Kartu Keluarga, surat keterangan kependudukan dan pelayanan akta kependudukan.
Tanggapan terhadap kondisi kebersihan fasilitas umum/fasilitas sosial di wilayah tempat tinggal 
Fasilitas Umum adalah fasilitas yang disediakan untuk kepentingan umum, seperti pasar tradisional, terminal, stasiun, dll. Fasilitas Sosial adalah fasilitas yang disediakan oleh pemerintah atau swasta untuk masyarakat, seperti puskesmas, rumah sakit, kantor pemerintah, sekolah, dll. Wilayah tempat tinggal yang dimaksud adalah satuan wilayah yang dimulai dari tingkat desa/kelurahan sampai dengan tingkat kabupaten/kota yang pernah dikunjungi oleh responden.
Menggunakan produk tradisional 
Menggunakan produk tradisional adalah apabila salah satu anggota rumah tangga yang menggunakan kerajinan tradisional atau busana daerah/tradisional atau metode penyehatan tradisional atau obat tradisional
Alasan utama belum pernah atau tidak bersekolah lagi 
Alasan utama belum pernah atau tidak bersekolah lagi meliputi belum cukup umur, tidak ada biaya sekolah, bekerja/mencari nafkah, menikah, mengurus rumah tangga, merasa pendidikan cukup, sekolah jauh, cacat/disabilitas, mengalami perundungan/bullying, malu karena ekonomi, atau lainnya
Mengikuti kursus/pelatihan/bimbingan belajar/ pendidikan keterampilan 
Kursus adalah penyelenggaraan pendidikan non formal yang mempunyai kurikulum tertentu pada jangka waktu tertentu dan tempat tertentu yang dikelola oleh suatu lembaga atau yayasan. Lama belajar kursus biasanya kurang dari 1 tahun. Termasuk kursus disini adalah latihan ketrampilan di Balai Latihan Keterampilan (BLK) dan mereka yang mengikuti kursus online. Tidak termasuk kursus kedinasan (penjenjangan), misalnya Diklatpim.
Metadata kegiatan statistik sektoral/khusus yang tersedia merupakan hasil penghimpunan tahun 2018. Metadata sebelumnya dapat diakses melalui SIRuSa 2014.
Copyright © 2019 Badan Pusat Statistik. All Rights Reserved.