Metadata Variabel

Cari Variabel
Kata Kunci
Menampilkan 1-10 dari 7310 hasil
Bidang Keahlian Lulusan Diploma I/II/III dan Diploma IV/S1/S2/S3 
Bidang keahlian lulusan Diploma I/II/III dan Diploma IV/S1/S2/S3 adalah bidang keahlian yang dimiliki oleh tenaga kerja lulusan Diploma I/II/III dan Diploma IV/S1/S2/S3 yang dibutuhkan oleh usaha/perusahaan
Bidang Keahlian Lulusan SMK 
Bidang keahlian yang dimiliki oleh tenaga kerja lulusan SMK yang dibutuhkan oleh usaha/perusahaan
Tingkat/Jenjang Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan 
Tingkat/jenjang pendidikan tertinggi yang ditamatkan yang ditandai dengan kepemilikan sertifikat/ijazah.
Membiayai Kegiatan Penelitian dan Pengembangan Pihak Lain 
Membiayai kegiatan litbang adalah usaha/perusahaan mengeluarkan sejumlah dana (belanja/pengeluaran) untuk kegiatan penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh unit perusahaan lain (pihak lain), baik di dalam maupun di luar negeri.
Sumber Dana Utama Kegiatan Penelitian dan Pengembangan 
Sumber dana utama kegiatan litbang adalah asal dana untuk kegiatan penelitian dan pengembangan.
Penggunaan Hasil Penelitian dan Pengembangan 
Penggunaan hasil penelitian dan pengembangan adalah pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan untuk perusahaan sendiri, pihak lain, atau keduanya.
Kegiatan Penelitian dan Pengembangan 
Kegiatan pengembangan dan penelitian (litbang) adalah kegiatan kreatif yang dilakukan dengan sistematis untuk menambah pengetahuan (stock of knowledge) dan pemanfaatan pengetahuan untuk merancang penerapan baru (to devise new applications). Kegiatan litbang dapat dilakukan secara mandiri oleh usaha/perusahaan atau dilakukan oleh pihak lain. Suatu usaha/perusahaan dikatakan melakukan kegiatan litbang apabila memenuhi unsur-unsur berikut: - bertujuan mendapatkan penemuan baru (kebaruan) - kreatif - bukan bersifat rutin - sistematis (terencana, dianggarkan) - dapat ditransfer atau diproduksi kembali (mengarahkan pada hasil yang memungkinkan untuk diproduksi kembali)
Penyelenggara Pelatihan/Penyuluhan 
Unit/institusi yang meyelenggarakan pelatihan/penyuluhan.
Pelatihan/Penyuluhan 
Pendidikan/pelatihan yang memberikan suatu keterampilan tertentu yang sifatnya khusus pada batas waktu tertentu dan memperoleh tanda lulus/sertifikat baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta.
Sertifikasi Keahlian/Profesi 
Tanda atau surat keterangan tertulis yang menerangkan bahwa seseorang telah menguasai kompetensi kerja tertentu sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), standar internasional dan/atau standar khusus dan dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang dibentuk oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).
Metadata kegiatan statistik sektoral/khusus yang tersedia merupakan hasil penghimpunan tahun 2017. Metadata sebelumnya dapat diakses melalui SIRuSa 2014.
Copyright © 2018 Badan Pusat Statistik. All Rights Reserved.