Angka Melek Huruf (AMH) dan Angka Buta Huruf (ABH)

Nama Indikator Angka Melek Huruf (AMH) dan Angka Buta Huruf (ABH)
Konsep Definisi AMH : Proporsi penduduk usia 15 tahun ke atas yang mempunyai kemampuan membaca dan menulis huruf latin dan huruf lainnya, tanpa harus mengerti apa yang di baca/ditulisnya terhadap penduduk usia 15 tahun ke atas. ABH : Proporsi penduduk usia 15 tahun ke atas yang tidak mempunyai kemampuan membaca dan menulis huruf latin dan huruf lainnya terhadap penduduk usia 15 tahun ke atas.
Rumusan

Kegunaan Untuk melihat pencapaian indikator dasar yang telah dicapai oleh suatu daerah, karena membaca merupakan dasar utama dalam memperluas ilmu pengetahuan. AMH merupakan indikator penting untuk melihat sejauh mana penduduk suatu daerah terbuka terhadap pengetahuan.
Keterangan Tambahan AMHt 15 :jumlah penduduk 15 yang melek huruf tahun ke-t Pt 15 :jumlah penduduk 15 pada tahun ke-t BHt 15 :jumlah penduduk 15 yang buta huruf pada tahun ke-t Selain dari Susenas, variabel indikator AMH dan ABH juga didapat dari Sensus Penduduk (SP), Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS) dan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas).
Interpretasi Tingkat melek huruf yang tinggi (atau tingkat buta huruf rendah) menunjukkan adanya sebuah sistem pendidikan dasar yang efektif dan/atau program keaksaraan yang memungkinkan sebagian besar penduduk untuk memperoleh kemampuan menggunakan kata-kata tertulis dalam kehidupan sehari-hari dan melanjutkan pembelajarannya.
Dihasilkan Oleh
Copyright © 2021 Badan Pusat Statistik. All Rights Reserved.