Pemberian Rekomendasi

Secara umum, pemeriksaan rancangan Survei Statistik Sektoral dan pemberian rekomendasi adalah agar pada setiap survei:

  • Tidak terjadi duplikasi
  • Tepat sasaran dan tidak membebani responden
  • Memakai metodologi/variabel yang sesuai dan sudah baku serta terkoordinir dengan baik
  • Didukung oleh sistem yang baik

Tata-cara Pemberian Rekomendasi

  1. BPS, BPS Provinsi, atau BPS Kabupaten/Kota wajib untuk meneliti dan mengevaluasi rancangan penyelenggaraan Survei Statistik Sektoral yang dikonsentrasikan pada masalah tidak duplikasi, terkait hal-hal berikut:

    • Tujuan survei
    • Jenis data yang akan dikumpulkan
    • Wilayah kegiatan statistik
    • Metode statistik yang akan digunakan
    • Obyek populasi dan jumlah responden
    • Waktu pelaksanaan

  2. Hasil Penelitian dan evaluasi dalam bentuk surat rekomendasi disampaikan kepada instansi pemerintah yang bersangkutan selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari setelah pemberitahuan rancangan penyelenggaraan Survei Statistik Sektoral diterima secara lengkap. Format surat rekomendasi dapat dilihat pada lampiran Form Rekomendasi.

  3. Khusus untuk kegiatan statistik yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat di daerah tertentu, surat rekomendasi BPS ditembuskan kepada perwakilan BPS di daerah yang bersangkutan.

  4. Tembusan surat untuk penyelenggaraan statistik sektoral yang dilakukan instansi Pemerintah Pusat disampaikan kepada Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.

  5. Khusus untuk surat rekomendasi yang diberikan kepada penyelenggara Survei Statistik Sektoral yang dilakukan oleh instansi pemerintah di daerah, tembusan disampaikan kepada Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah setempat dan atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

  6. Penyelenggara Survei Statistik Sektoral yang memberitahukan rancangan surveinya melalui e-mail atau media yang sejenis, maka surat rekomendasi akan disampaikan melalui cara yang sama. Pemberitahuan rancangan survei yang disampaikan melalui pos, diantar atau lainnya, penyampaian surat rekomendasi dikirim melalui pos atau diambil sendiri.

  7. Instansi pemerintah penyelenggara Survei Statistik Sektoral wajib untuk mengikuti rekomendasi yang telah ditetapkan BPS.


Hasil dari Proses Rekomendasi

Hasil akhir dari proses pemeriksaan rancangan atau proporsal Survei Statistik Sektoral adalah survei tersebut diberikan rekomendasi yang menyatakan "layak" atau "tidak layak" untuk dilaksanakan.

Jika survei direkomendasikan "layak" untuk dilaksanakan, pengumpulan data dapat dimulai, atau jika survei tersebut merupakan survei yang pernah dilakukan dapat dilanjutkan. Survei yang memenuhi kriteria "layak" untuk dilaksanakan akan memperoleh nomor registrasi rekomendasi yang wajib dicantumkan pada kuesioner dan buku pedoman yang akan dikirimkan kepada responden. Tahap pengumpulan data tidak bisa dilakukan sebelum rekomendasi diterima oleh penyelenggara. Informasi tentang survei-survei yang mendapat rekomendasi akan disimpan dalam metadata kegiatan statistik sektoral dan dapat diakses melalui internet (SiRuSa).

Survei yang sementara direkomendasikan "tidak layak" dapat diajukan kembali rancangan/proporsalnya setelah diperbaiki sesuai kriteria "layak".

Metadata kegiatan statistik sektoral/khusus yang tersedia merupakan hasil penghimpunan tahun 2016. Metadata sebelumnya dapat diakses melalui SIRuSa 2014.
Copyright © 2017 Badan Pusat Statistik. All Rights Reserved.