Liaison Officer

Liaison Officer adalah orang yang ditunjuk oleh instansi badan/instansi tertentu dan bertanggung jawab untuk melakukan dan mengatur komunikasi serta hubungan antara instansi pemerintah dengan BPS.

Setiap instansi wajib menunjuk Liaison Officer dari setiap survei yang akan dimintakan rekomendasi kepada BPS. Liaison Officer yang ditunjuk untuk setiap survei tersebut bisa lebih dari seorang selama tidak membuat pelaporan survei menjadi tumpang tindih.

Tugas dan Fungsi Liaison Officer

Liaison Officer dari survei bertanggung jawab untuk menyampaikan pemberitahuan rencana survei kepada BPS menyangkut informasi tentang survei yang diajukan (diusulkan) oleh instansi pemerintah dan menjadi tanggung jawab mereka, juga memeriksa dan memonitor informasi tentang survei-survei yang dilakukan instansi pemerintah lainnya yang berada dalam metadatabase BPS (SiRuSa).

Liaison Officer dari survei dapat memberikan informasi rinci tentang rancangan survei yang akan dilakukan kepada BPS dengan mengisi Formulir Pemberitahuan Survei Statistik Sektoral (FS3). BPS akan menyediakan cara pengisian daftar pertanyaan ini dalam tiga format yaitu:

  • Mengisi FS3 dalam bentuk hardcopy.
  • Mengisi FS3 dalam bentuk softcopy, kemudian mengirim ke BPS melalui e-mail.

Setiap Liaison Officer dapat menanyakan tentang prosedur pemberian rekomendasi ke BPS u.p Direktorat Diseminasi Statistik, BPS Provinsi u.p Bidang Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik (IPDS), BPS Kabupaten/Kota u.p Seksi Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik (IPDS).

Metadata kegiatan statistik sektoral/khusus yang tersedia merupakan hasil penghimpunan tahun 2016. Metadata sebelumnya dapat diakses melalui SIRuSa 2014.
Copyright © 2017 Badan Pusat Statistik. All Rights Reserved.