PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI SDN BANJARDOWO 1 JOMBANG TAHUN 2019, 2020

Tahun Kegiatan : 2020
Produsen : Universitas KH. Abdul Wahab Hasbullah Jombang
Sektor Kegiatan : Sosial dan Kesejahteraan Rakyat
Metadata : Dokumentasi dalam PDF

Identifikasi Penyelenggara Kegiatan

Penyelenggara

Universitas KH. Abdul Wahab Hasbullah Jombang

Alamat Lengkap Penyelenggara

Jl. Garuda No.09, Tambak Rejo, Kec. Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61415
Kabupaten/Kota: JOMBANG
Provinsi: JAWA TIMUR

Penanggung Jawab Kegiatan (Contact Person)

Penanggung Jawab Kegiatan
Nama:Arif Mashuda
Jabatan:ketua penelitian
Alamat:Jl. Garuda No.09, Tambak Rejo, Kec. Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61415
Fax:-
Penanggung Jawab Teknis Kegiatan
Nama:Emi Lilawati
Jabatan:peneliti
Alamat:Jl. Garuda No.09, Tambak Rejo, Kec. Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61415
Fax:-

Informasi Umum Kegiatan

Tujuan dan Manfaat Kegiatan

dan
Pendidikan bagi umat manusia merupakan
cara meningkatkan kualitas
dalam segala bidang. Dalam sejarah hidup umat
manusia di muka bumi
ini, hampir
sekalipun
dalam
kelompok umat manusia yang tidak menggunakan
Pendidikan sebagai pembudayaan dan peni
kualitasnya,
Pendidikan
yaitu
Agama
Islam
ngkatan
kelompok
masyarakat primitif. Hanya sistem dan metodenya
yang berbeda-beda sesuai taraf hidup dan budaya
masyarakat masing-masing.
Pendidikan Agama Islam adalah
adalah
Pendidikan dengan melalui ajaran
Islam,
berupa
-ajaran Agama
bimbingan
dan
yang telah diyakininya secara menyeluruh, serta
menjadikan Agama Islam itu sebagai suatu
pandangan hidupnya demi keselamatan dan
kesejahteraan hidup di dunia maupun diakhirat
yang telah diyakininya secara menyeluruh, serta
menjadikan Agama
pandangan
ajaran-ajaran Agama
Islam itu
sebagai
hidupnya
demi
keselamatan
suatu
dan
kesejahteraan hidup di dunia maupun diakhirat
kelak.1
Islam sebagai Agama wahyu menuntut
umat manusia yang berakal sehat wal’afiat untuk
berusaha keras mendapatkan kesejahteraan hidup
didunia
wahyu
dan diakhirat
Tuhan.
sesuai de
Pendidikan
ngan
petunjuk
bertujuan
untuk
membina manusia yang memiliki pengetahuan
serta
segalanya ialah membekali anak didik agar dapat
mengontrol
Akhlak
dan
Pencerdasan
Pendidikan yang dikehendaki Islam, sesuai firman
Allah SWT dalam QS.al Mujaadilah: Ayat 11,
Pendidikan yang dikehendaki Islam, sesuai firman
Allah SWT dalam QS.al Mujaadilah: Ayat 11,
yang berbunyi:
sikap keterampilan, yang terpenting
dirinya sendiri, melalui Pendidikan
dari
Keilmuan.Inilah
asuhan
terhadap anak didik agar nantinya setelah selesai
dari Pendidikan ia dapat memahami, menghayati,
ajaran Agama Islam
terhadap anak didik agar nantinya setelah selesai
dari Pendidikan ia dapat memahami, menghayati,
dan mengamalkan
Islam
hidup
tidak ada

Frekuensi Penyelenggaraan

Tahunan

Frekuensi Pengumpulan Data

- Tahunan

Tipe Pengumpulan Data

Cross Sectional

Variabel yang Dikumpulkan

Nama Variabel Referensi Waktu

Metodologi

Cara pengumpulan data

Sebagian populasi (Survei)

Cakupan wilayah survei

Sebagian kabupaten/kota

Jenis rancangan sampel

Single Stage/Phase

Metode pemilihan sampel stage terakhir

Sampel Probabilitas

Kerangka sampel

ya
pendalaman
mengajarkannya
serta memahamkan
Agama,
sebanyak
Agama
ditempat
orang
yang
-tempat
-orang
-orang yang
Ayat tersebut merupakan isyarat tentang
-orang yang diberi
dan
lain
bersedia
pemukiman
kepada
dapat memperbaiki
keadaan mereka. Sehingga mereka tidak bodoh
lagi
Agama bagi
fungsi
Pendidikan
aura kehidupan hingga
Rakyat
Pendidikan Agama, khususnya
Indonesia, maka
Islam di sekolah menempati posisi yang paling
strategis, mengingat para siswa sekolah umum
secara kuantitas jumlahnya demikian besar dan
dengan identitas peserta didik mayoritas beragama
Pendidikan Agama
Islam.3
Namun
Pendidikan
betapapun
Agama
Agama
Islam
Islam
idealnya
tersebut
tersebut
kenyataan yang terjadi di masyarakat
memperlihatkan
kekerasan
siswa,
dan
hasil
tujuan
diatas,
yang
diatas,
Indonesia
tidak terkecuali di Kecamatan Megaluh selama ini
belum mampu
memuaskan dalam pencapaian tujuan Pendidikan
tersebut. Hal ini dapat diindikasikan dengan tin
perilaku
perilaku
tidak
dak
terpuji di lingkungan sekolah atau diluar sekolah
yang dilakukan oleh kebanyakan generasi muda
sekarang.
Dengan demikian, tugas guru Pendidikan
Agama Islam disekolah adalah mendidik peserta
didiknya melalui Pendidikan Agama Islam yang
dapat membina
akhlak
peserta
didik
memperaktekkannya dalam kehidupan sehari
Dengan
memperhatikan
judul
uraian
tersebut
di
atas, mendorong
dengan
penulis
ingin
mengetahui pembinaan akhlakul karimah dengan
mengamati secara teliti dan sistematis melalui
penelitian,
Artinya:
“Hai orang-orang beriman apabila kamu
dikatakan kepadamu: "Berlapang
kelapangan
Bumi Aksara, 2009), Hlm. 86.
dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah,
-lapanglah dalam
majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan
memberi
untukmu.
dan
apabila
memberi kelapangan untukmu. dan apabila
dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah,
2 Ahmad Mustafa, al-Maraghi, Terjermah Tafsir Al-
Maraghi, (Semarang: Karya Toha Putra Semarang, 1993),
Hlm. 187.
1 Zakiyah Darajat dkk, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta:
3 Imam, Tholkhah, Mereka Bicara Pendidikan Islam
(Sebuah Bunga Rampai), (Jakarta: Raja Grafindo Persada,
2009),Hlm. 111.
penelitian, dengan judul “Peran Guru
Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan
Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan
dapat membina akhlak peserta didik dan
memperaktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Dengan memperhatikan uraian-uraian
dan
tentang hukum-hukum Agama secara umum
yang wajib diketahui oleh setiap mu’min.
hukum Agama secara umum
yang wajib diketahui oleh setiap mu’min.2
Dengan merujuk kepada tingginya peran
D

Keseluruhan fraksi sampel (overal sampling fraction)

ya
pendalaman
mengajarkannya
serta memahamkan
Agama,
sebanyak
Agama
ditempat
orang
yang
-tempat
-orang
-orang yang
Ayat tersebut merupakan isyarat tentang
-orang yang diberi
dan
lain
bersedia
pemukiman
kepada
dapat memperbaiki
keadaan mereka. Sehingga mereka tidak bodoh
lagi
Agama bagi
fungsi
Pendidikan
aura kehidupan hingga
Rakyat
Pendidikan Agama, khususnya
Indonesia, maka
Islam di sekolah menempati posisi yang paling
strategis, mengingat para siswa sekolah umum
secara kuantitas jumlahnya demikian besar dan
dengan identitas peserta didik mayoritas beragama
Pendidikan Agama
Islam.3
Namun
Pendidikan
betapapun
Agama
Agama
Islam
Islam
idealnya
tersebut
tersebut
kenyataan yang terjadi di masyarakat
memperlihatkan
kekerasan
siswa,
dan
hasil
tujuan
diatas,
yang
diatas,
Indonesia
tidak terkecuali di Kecamatan Megaluh selama ini
belum mampu
memuaskan dalam pencapaian tujuan Pendidikan
tersebut. Hal ini dapat diindikasikan dengan tin
perilaku
perilaku
tidak
dak
terpuji di lingkungan sekolah atau diluar sekolah
yang dilakukan oleh kebanyakan generasi muda
sekarang.
Dengan demikian, tugas guru Pendidikan
Agama Islam disekolah adalah mendidik peserta
didiknya melalui Pendidikan Agama Islam yang
dapat membina
akhlak
peserta
didik
memperaktekkannya dalam kehidupan sehari
Dengan
memperhatikan
judul
uraian
tersebut
di
atas, mendorong
dengan
penulis
ingin
mengetahui pembinaan akhlakul karimah dengan
mengamati secara teliti dan sistematis melalui
penelitian,
Artinya:
“Hai orang-orang beriman apabila kamu
dikatakan kepadamu: "Berlapang
kelapangan
Bumi Aksara, 2009), Hlm. 86.
dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah,
-lapanglah dalam
majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan
memberi
untukmu.
dan
apabila
memberi kelapangan untukmu. dan apabila
dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah,
2 Ahmad Mustafa, al-Maraghi, Terjermah Tafsir Al-
Maraghi, (Semarang: Karya Toha Putra Semarang, 1993),
Hlm. 187.
1 Zakiyah Darajat dkk, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta:
3 Imam, Tholkhah, Mereka Bicara Pendidikan Islam
(Sebuah Bunga Rampai), (Jakarta: Raja Grafindo Persada,
2009),Hlm. 111.
penelitian, dengan judul “Peran Guru
Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan
Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan
dapat membina akhlak peserta didik dan
memperaktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Dengan memperhatikan uraian-uraian
dan
tentang hukum-hukum Agama secara umum
yang wajib diketahui oleh setiap mu’min.
hukum Agama secara umum
yang wajib diketahui oleh setiap mu’min.2
Dengan merujuk kepada tingginya peran
D

Perkiraan sampling error

ya
pendalaman
mengajarkannya
serta memahamkan
Agama,
sebanyak
Agama
ditempat
orang
yang
-tempat
-orang
-orang yang
Ayat tersebut merupakan isyarat tentang
-orang yang diberi
dan
lain
bersedia
pemukiman
kepada
dapat memperbaiki
keadaan mereka. Sehingga mereka tidak bodoh
lagi
Agama bagi
fungsi
Pendidikan
aura kehidupan hingga
Rakyat
Pendidikan Agama, khususnya
Indonesia, maka
Islam di sekolah menempati posisi yang paling
strategis, mengingat para siswa sekolah umum
secara kuantitas jumlahnya demikian besar dan
dengan identitas peserta didik mayoritas beragama
Pendidikan Agama
Islam.3
Namun
Pendidikan
betapapun
Agama
Agama
Islam
Islam
idealnya
tersebut
tersebut
kenyataan yang terjadi di masyarakat
memperlihatkan
kekerasan
siswa,
dan
hasil
tujuan
diatas,
yang
diatas,
Indonesia
tidak terkecuali di Kecamatan Megaluh selama ini
belum mampu
memuaskan dalam pencapaian tujuan Pendidikan
tersebut. Hal ini dapat diindikasikan dengan tin
perilaku
perilaku
tidak
dak
terpuji di lingkungan sekolah atau diluar sekolah
yang dilakukan oleh kebanyakan generasi muda
sekarang.
Dengan demikian, tugas guru Pendidikan
Agama Islam disekolah adalah mendidik peserta
didiknya melalui Pendidikan Agama Islam yang
dapat membina
akhlak
peserta
didik
memperaktekkannya dalam kehidupan sehari
Dengan
memperhatikan
judul
uraian
tersebut
di
atas, mendorong
dengan
penulis
ingin
mengetahui pembinaan akhlakul karimah dengan
mengamati secara teliti dan sistematis melalui
penelitian,
Artinya:
“Hai orang-orang beriman apabila kamu
dikatakan kepadamu: "Berlapang
kelapangan
Bumi Aksara, 2009), Hlm. 86.
dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah,
-lapanglah dalam
majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan
memberi
untukmu.
dan
apabila
memberi kelapangan untukmu. dan apabila
dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah,
2 Ahmad Mustafa, al-Maraghi, Terjermah Tafsir Al-
Maraghi, (Semarang: Karya Toha Putra Semarang, 1993),
Hlm. 187.
1 Zakiyah Darajat dkk, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta:
3 Imam, Tholkhah, Mereka Bicara Pendidikan Islam
(Sebuah Bunga Rampai), (Jakarta: Raja Grafindo Persada,
2009),Hlm. 111.
penelitian, dengan judul “Peran Guru
Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan
Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan
dapat membina akhlak peserta didik dan
memperaktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Dengan memperhatikan uraian-uraian
dan
tentang hukum-hukum Agama secara umum
yang wajib diketahui oleh setiap mu’min.
hukum Agama secara umum
yang wajib diketahui oleh setiap mu’min.2
Dengan merujuk kepada tingginya peran
D

Unit sampel

SDN
BANJARDOWO 1 JOMBANG

Unit observasi

SDN
BANJARDOWO 1 JOMBANG

Pengumpulan Data

Metode pengumpulan data

- Wawancara langsung
- Lainnya

melakukan uji coba (pilot study)

Tidak

Petugas pengumpulan data

- Mitra/Tenaga Kontrak

Persyaratan pendidikan terendah petugas pengumpulan data

SMA/SMK

melakukan pelatihan petugas

Tidak

Jumlah petugas
Supervisor/Penyelia/Pengawas :1orang
Enumerator/Pencacah/Pengumpul Data :2orang

Pengolahan Data, Penyajian, dan Analisis

Metode pengolahan

Penyuntingan (Editing)
Penyandian (Coding)
Input data (Data entry)
Penyahihan (Validasi)

Tingkat penyajian yang diharapkan

- Kabupaten/Kota

Metode analisis

A. Jenis dan Pendekatan Penelitian
1. Jenis Penelitian
Penelitian deskriptif adalah penelitian
yang bermaksud untuk mengumpulkan
informasi mengenai status suatu gejala yang
ada, yaitu keadaan gejala menurut apa
menurut apa adanya pada saat penelitian
dilakukan, sehingga hanya merupakan
penyingkapan fakta dengan menganalisis
data.4
2. Pendekatan Penelitian
Pada bagian ini menjelaskan tentang
perspektif atau sudut pandang yang di
gunakan peneliti dalam membahas objek
penelitian.
a) Pendekatan spiritual
Pendekatan spiritual adalah memandang
bahwa ajaran Islam yng bersumberkan kitab
suci al-Qur’an dan Al-sunnah, menjadi
sumber inspirasi (ilham) dan motivasi
Pendidikan Islam.5
b) Pendekatan pedagogis
Pendekatan pedagogis menuntut kepada kita
untuk berpandangan bahwa manusia didik
adalah makhluk Tuhan yang berada dalam
proses perkembangan dan pertumbuhan
rohaniah dan jasmaniah yang memerlukan
bimbingan dan pengarahan melalui proses
kependidikan.
c) Pendekatan Psikologis
Pendekatan psikologis adalah pendekatan
yang mempelajari jiwa seseorang melalui
gejala perilaku yang diamati.
B. Sumber Data
Sumber data yang digunakan penulis dalam
penelitian ini terdiri atas dua macam, yaitu :
1. Sumber data primer
Dalam penelitian lapangan sumber
data primer merupakan data utama yang
diambil langsung dari para informan guru
Pendidikan Agama Islam, guru.
2. Sumber data sekunder
Sumber data sekunder merupakan data
yang tidak langsung diambil dari para
informan akan tetapi melalui dokumen
Rineka Cipta, 2007), Hlm. 234.
Aksara, 2000), Hlm. 151.
4 Suharsimi, Arikunto, Manajemen Penelitian, (Jakarta:
5 M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi
Sumber data sekunder dalam hal ini adalah
data yang berupa dokumentasi penting adalah
majalah sekolah dan dokumen-dokumen
sekolah lainnya yng menunjang Pendidikan
sekolah.

Unit analisis

sdn

Produk data yang tersedia untuk umum

Media Cetak
Media Elektronik

Judul publikasi

ERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM
MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI SDN
BANJARDOWO 1 JOMBANG TAHUN 2019

Waktu pelaksanaan kegiatan
Perencanaan/ Persiapan29 Sep 2021 s.d. 29 Sep 2021
Pengumpulan Data29 Sep 2021 s.d. 29 Sep 2021
Pengolahan29 Sep 2021 s.d. 29 Sep 2021
Penyajian29 Sep 2021 s.d. 29 Sep 2021
Analisis29 Sep 2021 s.d. 29 Sep 2021
Copyright © 2021 Badan Pusat Statistik. All Rights Reserved.