Survei E-Commerce, 2020
Produsen | : | Subdit. Stat. Komunikasi dan Teknologi Informasi |
Sektor Kegiatan | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi |
Sumber Dana | : | APBN |
Metadata | : | ![]() |
Penanggung Jawab Kegiatan
Subdit. Stat. Komunikasi dan Teknologi Informasi
Penanggung Jawab Masalah TeknisSubdit. Stat. Komunikasi dan Teknologi Informasi
Penanggung Jawab Metode Pengumpulan DataSubdit. Stat. Komunikasi dan Teknologi Informasi
Penanggung Jawab Metode Pengolahan DataSubdit. Stat. Komunikasi dan Teknologi Informasi
Penanggung Jawab Sumber DanaSubdit. Stat. Komunikasi dan Teknologi Informasi
Informasi Pengumpulan Data
Perkembangan dari fenomena e-commerce ini telah menjadi perhatian pemerintah dengan dikeluarkannya Paket Kebijakan Ekonomi XIV mengenai e-commerce dengan mengeluarkan Perpres No.74 tahun 2017 mengenai Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik atau SPNBE. Dengan keluarnya perpres itu, maka pemerintah melihat bahwa perlu ketersediaan data e-commerce. Survei e-commerce berbasis perusahaan untuk memperoleh gambaran perkembangan usaha e-commerce di Indonesia. Survei ini dilakukan dengan metode konvensional (PAPI) dan berbasis CAWI, selain itu ada teknik crawling untuk melengkapi daftar pelaku usaha e-commerce.
Tujuan dan Manfaat KegiatanMenyediakan data distribusi pelaku usaha e-commerce di Indonesia, menyediakan indikator pokok yang terkait e-commerce seperti jumlah usaha, volume transaksi, nilai transaksi serta mendukung penyusunan PDB.
Frekuensi KegiatanTahunan
Riwayat KegiatanKegiatan survei e-commerce dilaksanakan sejak tahun 2019.
Perubahan yang terjadi dari kegiatan sebelumnyaTidak ada listing dan sampel merupakan hasil listing tahun 2019 dan hasil crawling.
Frekuensi Pengumpulan Data- Tahunan
Cross Sectional
Referensi yang DigunakanOrganisation of Economic Co-operation and Development (OECD) Tahun 2009
Klasifikasi yang Digunakan
Klasifikasi/Master Wilayah | : | Master File Desa 2018 semester 1 dan SE2016-L2 - KBLI 2015 |
Klasifikasi/Master Komoditas | : | Master File Desa 2018 semester 1 dan SE2016-L2 - KBLI 2015 |
Klasifikasi/Master Lapangan Usaha | : | Master File Desa 2018 semester 1 dan SE2016-L2 - KBLI 2015 |
Klasifikasi/Master Lainnya | : | Hasil Crawling dari Shopee |
Variabel Utama dan Konsep yang Digunakan
Nama Variabel | Referensi Waktu |
Pelaku usaha e-commerce 
Pelaku usaha Electronic Commerce (E-Commerce) berdasarkan definisi OECD 2009 adalah pelaku usaha yang penjualan atau pembelian barang atau jasa, yang dilakukan melalui jaringan komputer dengan metode yang secara spesifik dirancang untuk tujuan menerima atau melakukan pesanan. Barang atau jasa dipesan dengan metode tersebut, tetapi pembayaran dan pengiriman utama barang atau jasa tidak harus dilakukan secara online. |
2019 |
Pendapatan/transaksi e-commerce 
Pendapatan/transaksi e-commerce (penerimaan pesanan atau penjualan barang/jasa melalui internet) adalah transaksi penjualan barang/jasa yang dilakukan melalui internet (online) dimana komitmen pembelian barang/jasa dibuat melalui internet, baik melalui platform online shop maupun melalui instant messaging, tanpa mempertimbangkan metode pembayaran dan pengiriman barang/jasa tersebut. Komitmen adalah persetujuan untuk membeli, baik pembayaran dilakukan secara online (melalui internet) atau tidak. Pendapatan dalam hal ini adalah nilai yang diperoleh dari hasil usaha. Pendapatan berbeda dengan keuntungan. |
2019 |
Metode pembayaran 
Metode pembayaran pesanan barang/jasa melalui internet. 1. Transaksi pembayaran di tempat saat barang diantarkan (Cash on Delivery) 2. Kartu Kredit dan Kredit Online (contoh: Kredivo, AkuLaku, PayLater) *) 3. Kartu Debit atau transfer bank online 4. Akun mobile money (akun yang terkoneksi dengan nomer seluler/mobile), contoh: OVO, DANA, LinkAja 5. Jasa pembayaran online (contoh: PayPal, GooglePay) 6. Voucher online 7. Poin dari program berhadiah (Contoh: Air Miles) 8. Lainnya (Contoh: Rekening bersama, marketplace) |
2019 |
Metode pengiriman barang 
Metode pengiriman barang: 1. Pengiriman langsung ke pembeli menggunakan jasa pos dan kurir. 2. Pengiriman langsung ke pembeli menggunakan kurir online (Contoh: Gojek, Grab). 3. Pengambilan barang pesanan pada titik/toko penjemputan. 4. Dengan men-download dari website atau aplikasi, software, atau lainnya. 5. Pengiriman langsung oleh pihak penjual. |
2019 |
Metodologi
Survei
Jenis Rancangan SampelSingle Stage/Phase
Metode Pemilihan Sampel Stage TerakhirSampel probabilitas
Metode Pemilihan Sampel ProbabilitasPenarikan sampel dilakukan pada strata blok sensus konsentrasi, strata blok sensus nonkonsentrasi dan blok sensus tidak bermuatan usaha e-commerce. Penarikan sampel untuk setiap strata blok senus dilakukan secara independen. Metode penarikan sampel blok sensus yang digunakan adalah sistematik dengan terlebih dahulu mengurutkan jumlah muatan usaha e-commerce dalam blok sensus. Hal ini dilakukan agar proposional sampel dapat terjaga
Rancangan Sampel
BS MFD online semester 1 2018 dan SE2016-L2 (Rincian 21 berkode 1)
Keseluruhan Fraksi Sampel (Overall Sampling Fraction)Tidak ada
Perkiraan Sampling Errortidak menghitung
Unit SampelPerusahaan e-commerce
Alokasi Sampel
Kode |
Nama Provinsi |
Jumlah Sampel |
---|---|---|
(1) |
(2) |
(3) |
11 |
ACEH |
396 |
12 |
SUMATERA UTARA |
418 |
13 |
SUMATERA BARAT |
347 |
14 |
RIAU |
228 |
15 |
JAMBI |
273 |
16 |
SUMATERA SELATAN |
449 |
17 |
BENGKULU |
584 |
18 |
LAMPUNG |
852 |
19 |
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG |
293 |
21 |
KEPULAUAN RIAU |
276 |
31 |
DKI JAKARTA |
1653 |
32 |
JAWA BARAT |
1820 |
33 |
JAWA TENGAH |
1814 |
34 |
DI YOGYAKARTA |
877 |
35 |
JAWA TIMUR |
1497 |
36 |
BANTEN |
728 |
51 |
BALI |
589 |
52 |
NUSA TENGGARA BARAT |
373 |
53 |
NUSA TENGGARA TIMUR |
166 |
61 |
KALIMANTAN BARAT |
270 |
62 |
KALIMANTAN TENGAH |
187 |
63 |
KALIMANTAN SELATAN |
474 |
64 |
KALIMANTAN TIMUR |
389 |
65 |
KALIMANTAN UTARA |
109 |
71 |
SULAWESI UTARA |
252 |
72 |
SULAWESI TENGAH |
272 |
73 |
SULAWESI SELATAN |
403 |
74 |
SULAWESI TENGGARA |
203 |
75 |
GORONTALO |
105 |
76 |
SULAWESI BARAT |
242 |
81 |
MALUKU |
286 |
82 |
MALUKU UTARA |
61 |
91 |
PAPUA BARAT |
128 |
94 |
PAPUA |
49 |
Jumlah |
17.063 |
Sebagian kabupaten/kota
Wilayah KegiatanProvinsi | Kabupaten |
---|---|
ACEH | ACEH BESAR, KOTA BANDA ACEH, KOTA SABANG, |
SUMATERA UTARA | DELI SERDANG, KOTA MEDAN, |
SUMATERA BARAT | PESISIR SELATAN, SOLOK, PADANG PARIAMAN, KOTA PADANG, |
RIAU | PELALAWAN, SIAK, KAMPAR, KOTA PEKANBARU, |
JAMBI | MUARO JAMBI, KOTA JAMBI, |
SUMATERA SELATAN | BANYUASIN, OGAN ILIR, KOTA PALEMBANG, |
BENGKULU | SELUMA, BENGKULU TENGAH, KOTA BENGKULU, |
LAMPUNG | LAMPUNG SELATAN, PESAWARAN, KOTA BANDAR LAMPUNG, |
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG | BANGKA, BANGKA TENGAH, KOTA PANGKAL PINANG, |
KEPULAUAN RIAU | BINTAN, KOTA BATAM, KOTA TANJUNG PINANG, |
DKI JAKARTA | KODYA JAKARTA SELATAN, KODYA JAKARTA TIMUR, KODYA JAKARTA PUSAT, KODYA JAKARTA BARAT, KODYA JAKARTA UTARA, |
JAWA BARAT | BANDUNG, BANDUNG BARAT, KOTA BANDUNG, KOTA CIMAHI, |
JAWA TENGAH | DEMAK, SEMARANG, KENDAL, KOTA SEMARANG, |
DI YOGYAKARTA | BANTUL, SLEMAN, KOTA YOGYAKARTA, |
JAWA TIMUR | SIDOARJO, GRESIK, KOTA SURABAYA, |
BANTEN | SERANG, KOTA SERANG, |
BALI | BADUNG, GIANYAR, KOTA DENPASAR, |
NUSA TENGGARA BARAT | LOMBOK BARAT, KOTA MATARAM, |
NUSA TENGGARA TIMUR | KUPANG, KOTA KUPANG, |
KALIMANTAN BARAT | MEMPAWAH, KUBU RAYA, KOTA PONTIANAK, |
KALIMANTAN TENGAH | KATINGAN, PULANG PISAU, GUNUNG MAS, KOTA PALANGKA RAYA, |
KALIMANTAN SELATAN | BANJAR, KOTA BANJARMASIN, KOTA BANJAR BARU, |
KALIMANTAN TIMUR | KUTAI KARTANEGARA, KOTA SAMARINDA, |
KALIMANTAN UTARA | BULUNGAN, TARAKAN, |
SULAWESI UTARA | MINAHASA, MINAHASA UTARA, KOTA MANADO, KOTA TOMOHON, |
SULAWESI TENGAH | DONGGALA, PARIGI MOUTONG, SIGI, KOTA PALU, |
SULAWESI SELATAN | GOWA, MAROS, KOTA MAKASSAR, |
SULAWESI TENGGARA | KONAWE, KONAWE SELATAN, KOTA KENDARI, |
GORONTALO | GORONTALO, BONE BOLANGO, KOTA GORONTALO, |
SULAWESI BARAT | MAJENE, MAMUJU, |
MALUKU | SERAM BAGIAN BARAT, KOTA AMBON, |
MALUKU UTARA | KOTA TERNATE, KOTA TIDORE KEPULAUAN, |
PAPUA BARAT | MANOKWARI, KOTA SORONG, |
PAPUA | JAYAPURA, KEEROM, KOTA JAYAPURA, |
Perusahaan dan usaha rumah tangga
Cakupan RespondenUsaha e-commerce (usaha yang melakukan penjualan online)
Menggunakan data sekunder dari unit kerja/instansi lainTidak
Pengumpulan Data
Tidak
Instrumen yang DigunakanKuesioner: V.ECOMMERCE-S dan Aplikasi CAWI (limesurvey)
Petugas Pengumpulan Data- Mitra
Pengawas/Kortim | 339 Orang |
Pencacah | 1128 Orang |
Ya
Metode untuk mengetahui kinerja pengumpulan data- Revisit
- Task Force
- Supervisi
Penggantian Sampel
Pengolahan Data
- Sendiri
- Integrasi Pengolahan
- Editing
- Coding
- Data Entri/Scan
- Verifikasi
- Validasi
- Tabulasi
MS. EXCEL, SPSS dan CAWI
Estimasi dan Analisis
Tidak ada
Komposisi dan PenimbangTidak ada
Metode AnalisisAnalisis deskriptif
Unit AnalisisNasional dan provinsi
Ada unit kerja lain yang menggunakan data iniTidak
Kualitas dan Interpretasi Data
Lainnya
Peningkatan Kualitas Data- Melakukan konfirmasi data kepada para penyedia data.
- Melihat konsistensi data, yaitu membandingkan dengan series lainnya.
- Membandingkan dengan data-data pembanding lainnya.
Antar wilayah
Metode Revisi DataRevisit atau kunjungan ulang
Evaluasi
Tidak
Rekomendasi untuk yang akan datangBisa melakukan listing dan jumlah sampel bisa untuk estimasi sampai level provinsi
Diseminasi Publikasi
Diseminasi Data Mikro
Dari tahun
Data/variabel yang tidak bisa diberikan kepada pengguna data
Variabel | Alasan |
---|---|
Data individu | Data bersifat rahasia |
Level provinsi atau kab/kota | Karena sampel kecil hanya bisa level nasional |
Indikator dan Konsep yang Digunakan


Nilai pendapatan usaha berasal dari penjualan barang/jasa secara online


Electronic Commerce (E-commerce) berdasarkan OECD 2009 adalah penjualan atau pembelian barang atau jasa, yang dilakukan melalui jaringan komputer dengan metode yang secara spesifik dirancang untuk tujuan menerima atau melakukan pesanan.


Metode pembayaran yang paling sering digunakan saat melakukan pesanan barang/jasa melalui internet: 1. Pembayaran dengan tunai (Cash on Delivery) 2. Pembayaran dengan transfer bank (ATM, Internet Banking, Mobile Banking) 3. Pembayaran dengan kartu (debit/kredit/kartu uang elektronik) 4. E-Wallet (OVO, DANA, GoPay, LinkAja, Kredivo, AkuLaku, PayLater, dsb)


Metode Pengiriman yang paling sering digunakan: 1. Pengiriman langsung ke pembeli oleh pihak penjual 2. Pengiriman langsung ke pembeli dengan menggunakan jasa pengiriman (contoh: Pos, Tiki, GoSend, dsb) 3. Pengambilan pesanan langsung di toko atau di titik penjemputan tertentu 4. Men-download dari website, aplikasi, software, atau lainnya
Kuesioner Survei Usaha/Perusahaan Elektronik Commerce (E-Commerce) 2019  | ![]() |
Buku Pedoman Pencacahan dan Pengawas Survei E-Commerce 2020  | ![]() |
Nama Publikasi | Jadwal Rilis | Level terendah penyajian data |
Dibedakan menurut perkotaan/ perdesaan | Dibedakan menurut jenis kelamin |
---|---|---|---|---|
Statistik E-commerce 2020 | -10-2020 | Provinsi | Tidak | Tidak |