Survei E-Commerce, 2020

Tahun Kegiatan
2020
Produsen : Subdit. Stat. Komunikasi dan Teknologi Informasi
Sektor Kegiatan : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Sumber Dana : APBN
Metadata : Dokumentasi dalam PDF

Penanggung Jawab Kegiatan

Penyelenggara

Subdit. Stat. Komunikasi dan Teknologi Informasi

Penanggung Jawab Masalah Teknis

Subdit. Stat. Komunikasi dan Teknologi Informasi

Penanggung Jawab Metode Pengumpulan Data

Subdit. Stat. Komunikasi dan Teknologi Informasi

Penanggung Jawab Metode Pengolahan Data

Subdit. Stat. Komunikasi dan Teknologi Informasi

Penanggung Jawab Sumber Dana

Subdit. Stat. Komunikasi dan Teknologi Informasi

Informasi Pengumpulan Data

Penjelasan Umum

Perkembangan dari fenomena e-commerce ini telah menjadi perhatian pemerintah dengan dikeluarkannya Paket Kebijakan Ekonomi XIV mengenai e-commerce dengan mengeluarkan Perpres No.74 tahun 2017 mengenai Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik atau SPNBE. Dengan keluarnya perpres itu, maka pemerintah melihat bahwa perlu ketersediaan data e-commerce. Survei e-commerce berbasis perusahaan untuk memperoleh gambaran perkembangan usaha e-commerce di Indonesia. Survei ini dilakukan dengan metode konvensional (PAPI) dan berbasis CAWI, selain itu ada teknik crawling untuk melengkapi daftar pelaku usaha e-commerce.

Tujuan dan Manfaat Kegiatan

Menyediakan data distribusi pelaku usaha e-commerce di Indonesia, menyediakan indikator pokok yang terkait e-commerce seperti jumlah usaha, volume transaksi, nilai transaksi serta mendukung penyusunan PDB.

Frekuensi Kegiatan

Tahunan

Riwayat Kegiatan

Kegiatan survei e-commerce dilaksanakan sejak tahun 2019.

Perubahan yang terjadi dari kegiatan sebelumnya

Tidak ada listing dan sampel merupakan hasil listing tahun 2019 dan hasil crawling.

Frekuensi Pengumpulan Data

- Tahunan

Tipe Pengumpulan Data

Cross Sectional

Referensi yang Digunakan

Organisation of Economic Co-operation and Development  (OECD) Tahun 2009

Klasifikasi yang Digunakan

Klasifikasi/Master Wilayah:Master File Desa 2018 semester 1 dan SE2016-L2 - KBLI 2015
Klasifikasi/Master Komoditas:Master File Desa 2018 semester 1 dan SE2016-L2 - KBLI 2015
Klasifikasi/Master Lapangan Usaha:Master File Desa 2018 semester 1 dan SE2016-L2 - KBLI 2015
Klasifikasi/Master Lainnya:Hasil Crawling dari Shopee

Variabel Utama dan Konsep yang Digunakan

Nama Variabel Referensi Waktu
Pelaku usaha e-commerce 
Pelaku usaha Electronic Commerce (E-Commerce) berdasarkan definisi OECD 2009 adalah pelaku usaha yang penjualan atau pembelian barang atau jasa, yang dilakukan melalui jaringan komputer dengan metode yang secara spesifik dirancang untuk tujuan menerima atau melakukan pesanan. Barang atau jasa dipesan dengan metode tersebut, tetapi pembayaran dan pengiriman utama barang atau jasa tidak harus dilakukan secara online.
2019
Pendapatan/transaksi e-commerce 
Pendapatan/transaksi e-commerce (penerimaan pesanan atau penjualan barang/jasa melalui internet) adalah transaksi penjualan barang/jasa yang dilakukan melalui internet (online) dimana komitmen pembelian barang/jasa dibuat melalui internet, baik melalui platform online shop maupun melalui instant messaging, tanpa mempertimbangkan metode pembayaran dan pengiriman barang/jasa tersebut. Komitmen adalah persetujuan untuk membeli, baik pembayaran dilakukan secara online (melalui internet) atau tidak. Pendapatan dalam hal ini adalah nilai yang diperoleh dari hasil usaha. Pendapatan berbeda dengan keuntungan.
2019
Metode pembayaran 
Metode pembayaran pesanan barang/jasa melalui internet. 1. Transaksi pembayaran di tempat saat barang diantarkan (Cash on Delivery) 2. Kartu Kredit dan Kredit Online (contoh: Kredivo, AkuLaku, PayLater) *) 3. Kartu Debit atau transfer bank online 4. Akun mobile money (akun yang terkoneksi dengan nomer seluler/mobile), contoh: OVO, DANA, LinkAja 5. Jasa pembayaran online (contoh: PayPal, GooglePay) 6. Voucher online 7. Poin dari program berhadiah (Contoh: Air Miles) 8. Lainnya (Contoh: Rekening bersama, marketplace)
2019
Metode pengiriman barang 
Metode pengiriman barang: 1. Pengiriman langsung ke pembeli menggunakan jasa pos dan kurir. 2. Pengiriman langsung ke pembeli menggunakan kurir online (Contoh: Gojek, Grab). 3. Pengambilan barang pesanan pada titik/toko penjemputan. 4. Dengan men-download dari website atau aplikasi, software, atau lainnya. 5. Pengiriman langsung oleh pihak penjual.
2019

Metodologi

Cara Pengumpulan Data

Survei

Jenis Rancangan Sampel

Single Stage/Phase

Metode Pemilihan Sampel Stage Terakhir

Sampel probabilitas

Metode Pemilihan Sampel Probabilitas

Penarikan sampel dilakukan pada strata blok sensus konsentrasi, strata blok sensus nonkonsentrasi dan blok sensus tidak bermuatan usaha e-commerce. Penarikan sampel untuk setiap strata blok senus dilakukan secara independen. Metode penarikan sampel blok sensus yang digunakan adalah sistematik dengan terlebih dahulu mengurutkan jumlah muatan usaha e-commerce dalam blok sensus. Hal ini dilakukan agar proposional sampel dapat terjaga

Rancangan Sampel

Kerangka Sampel

BS MFD online semester 1 2018 dan SE2016-L2 (Rincian 21 berkode 1)

Keseluruhan Fraksi Sampel (Overall Sampling Fraction)

Tidak ada

Perkiraan Sampling Error

tidak menghitung

Unit Sampel

Perusahaan e-commerce

Alokasi Sampel

Kode

Nama Provinsi

Jumlah Sampel

(1)

(2)

(3)

11

ACEH

396

12

SUMATERA UTARA

418

13

SUMATERA BARAT

347

14

RIAU

228

15

JAMBI

273

16

SUMATERA SELATAN

449

17

BENGKULU

584

18

LAMPUNG

852

19

KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

293

21

KEPULAUAN RIAU

276

31

DKI JAKARTA

1653

32

JAWA BARAT

1820

33

JAWA TENGAH

1814

34

DI YOGYAKARTA

877

35

JAWA TIMUR

1497

36

BANTEN

728

51

BALI

589

52

NUSA TENGGARA BARAT

373

53

NUSA TENGGARA TIMUR

166

61

KALIMANTAN BARAT

270

62

KALIMANTAN TENGAH

187

63

KALIMANTAN SELATAN

474

64

KALIMANTAN TIMUR

389

65

KALIMANTAN UTARA

109

71

SULAWESI UTARA

252

72

SULAWESI TENGAH

272

73

SULAWESI SELATAN

403

74

SULAWESI TENGGARA

203

75

GORONTALO

105

76

SULAWESI BARAT

242

81

MALUKU

286

82

MALUKU UTARA

61

91

PAPUA BARAT

128

94

PAPUA

49

Jumlah

17.063

 

Cakupan Wilayah

Sebagian kabupaten/kota

Wilayah Kegiatan

ProvinsiKabupaten
ACEHACEH BESAR, KOTA BANDA ACEH, KOTA SABANG,
SUMATERA UTARADELI SERDANG, KOTA MEDAN,
SUMATERA BARATPESISIR SELATAN, SOLOK, PADANG PARIAMAN, KOTA PADANG,
RIAUPELALAWAN, SIAK, KAMPAR, KOTA PEKANBARU,
JAMBIMUARO JAMBI, KOTA JAMBI,
SUMATERA SELATANBANYUASIN, OGAN ILIR, KOTA PALEMBANG,
BENGKULUSELUMA, BENGKULU TENGAH, KOTA BENGKULU,
LAMPUNGLAMPUNG SELATAN, PESAWARAN, KOTA BANDAR LAMPUNG,
KEPULAUAN BANGKA BELITUNGBANGKA, BANGKA TENGAH, KOTA PANGKAL PINANG,
KEPULAUAN RIAUBINTAN, KOTA BATAM, KOTA TANJUNG PINANG,
DKI JAKARTAKODYA JAKARTA SELATAN, KODYA JAKARTA TIMUR, KODYA JAKARTA PUSAT, KODYA JAKARTA BARAT, KODYA JAKARTA UTARA,
JAWA BARATBANDUNG, BANDUNG BARAT, KOTA BANDUNG, KOTA CIMAHI,
JAWA TENGAHDEMAK, SEMARANG, KENDAL, KOTA SEMARANG,
DI YOGYAKARTABANTUL, SLEMAN, KOTA YOGYAKARTA,
JAWA TIMURSIDOARJO, GRESIK, KOTA SURABAYA,
BANTENSERANG, KOTA SERANG,
BALIBADUNG, GIANYAR, KOTA DENPASAR,
NUSA TENGGARA BARATLOMBOK BARAT, KOTA MATARAM,
NUSA TENGGARA TIMURKUPANG, KOTA KUPANG,
KALIMANTAN BARATMEMPAWAH, KUBU RAYA, KOTA PONTIANAK,
KALIMANTAN TENGAHKATINGAN, PULANG PISAU, GUNUNG MAS, KOTA PALANGKA RAYA,
KALIMANTAN SELATANBANJAR, KOTA BANJARMASIN, KOTA BANJAR BARU,
KALIMANTAN TIMURKUTAI KARTANEGARA, KOTA SAMARINDA,
KALIMANTAN UTARABULUNGAN, TARAKAN,
SULAWESI UTARAMINAHASA, MINAHASA UTARA, KOTA MANADO, KOTA TOMOHON,
SULAWESI TENGAHDONGGALA, PARIGI MOUTONG, SIGI, KOTA PALU,
SULAWESI SELATANGOWA, MAROS, KOTA MAKASSAR,
SULAWESI TENGGARAKONAWE, KONAWE SELATAN, KOTA KENDARI,
GORONTALOGORONTALO, BONE BOLANGO, KOTA GORONTALO,
SULAWESI BARATMAJENE, MAMUJU,
MALUKUSERAM BAGIAN BARAT, KOTA AMBON,
MALUKU UTARAKOTA TERNATE, KOTA TIDORE KEPULAUAN,
PAPUA BARATMANOKWARI, KOTA SORONG,
PAPUAJAYAPURA, KEEROM, KOTA JAYAPURA,

Unit Observasi

Perusahaan dan usaha rumah tangga

Cakupan Responden

Usaha e-commerce (usaha yang melakukan penjualan online)

Menggunakan data sekunder dari unit kerja/instansi lain

Tidak

Pengumpulan Data

Metode Pengumpulan Data

Melakukan Pilot Study

Tidak

Instrumen yang Digunakan

Kuesioner: V.ECOMMERCE-S dan Aplikasi CAWI (limesurvey)

Petugas Pengumpulan Data

- Mitra

Jumlah Petugas Pengumpulan Data
Pengawas/Kortim339 Orang
Pencacah1128 Orang
Mengadakan Pelatihan Petugas

Ya

Metode untuk mengetahui kinerja pengumpulan data

- Revisit
- Task Force
- Supervisi

Penyesuaian Non Respon

Penggantian Sampel

Pengolahan Data

Unit Kerja yang Melakukan Pengolahan

- Sendiri
- Integrasi Pengolahan

Metode Pengolahan

- Editing
- Coding
- Data Entri/Scan
- Verifikasi
- Validasi
- Tabulasi

Teknologi/Aplikasi yang Digunakan

MS. EXCEL, SPSS dan CAWI

Estimasi dan Analisis

Metode Estimasi yang Digunakan

Tidak ada

Komposisi dan Penimbang

Tidak ada

Metode Analisis

Analisis deskriptif

Unit Analisis

Nasional dan provinsi

Ada unit kerja lain yang menggunakan data ini

Tidak

Kualitas dan Interpretasi Data

Perlakuan terhadap outlier, secara umum

Lainnya

Peningkatan Kualitas Data

  • Melakukan konfirmasi data kepada para penyedia data.
  • Melihat konsistensi data, yaitu membandingkan dengan series lainnya.
  • Membandingkan dengan data-data pembanding lainnya.

Keterbandingan Data

Antar wilayah

Metode Revisi Data

Revisit atau kunjungan ulang

Evaluasi

Melakukan Studi Evaluasi

Tidak

Rekomendasi untuk yang akan datang

Bisa melakukan listing dan jumlah sampel bisa untuk estimasi sampai level provinsi

Diseminasi Publikasi

Judul Publikasi

Statistik E-commerce 2020

Diseminasi Data Mikro

Ketersediaan data mikro

Dari tahun

Data/variabel yang tidak bisa diberikan kepada pengguna data

Variabel Alasan
Data individuData bersifat rahasia
Level provinsi atau kab/kotaKarena sampel kecil hanya bisa level nasional

Kode Label Pertanyaan Domain Value

Indikator dan Konsep yang Digunakan

Displaying 1-4 of 4 results.
Persentase usaha E-Commerce menurut Nilai Pendapatan E-Commerce
Nilai pendapatan usaha berasal dari penjualan barang/jasa secara online
Persentase usaha E-Commerce
Electronic Commerce (E-commerce) berdasarkan OECD 2009 adalah penjualan atau pembelian barang atau jasa, yang dilakukan melalui jaringan komputer dengan metode yang secara spesifik dirancang untuk tujuan menerima atau melakukan pesanan.
Persentase usaha E-Commerce menurut Metode Pembayaran
Metode pembayaran yang paling sering digunakan saat melakukan pesanan barang/jasa melalui internet: 1. Pembayaran dengan tunai (Cash on Delivery) 2. Pembayaran dengan transfer bank (ATM, Internet Banking, Mobile Banking) 3. Pembayaran dengan kartu (debit/kredit/kartu uang elektronik) 4. E-Wallet (OVO, DANA, GoPay, LinkAja, Kredivo, AkuLaku, PayLater, dsb)
Persentase usaha E-Commerce menurut Metode Pengiriman
Metode Pengiriman yang paling sering digunakan: 1. Pengiriman langsung ke pembeli oleh pihak penjual 2. Pengiriman langsung ke pembeli dengan menggunakan jasa pengiriman (contoh: Pos, Tiki, GoSend, dsb) 3. Pengambilan pesanan langsung di toko atau di titik penjemputan tertentu 4. Men-download dari website, aplikasi, software, atau lainnya





























Publikasi yang dihasilkan
Nama Publikasi Jadwal Rilis Level terendah
penyajian data
Dibedakan menurut perkotaan/ perdesaan Dibedakan menurut jenis kelamin
Statistik E-commerce 2020 -10-2020 Provinsi Tidak Tidak
Copyright © 2021 Badan Pusat Statistik. All Rights Reserved.