Survei Karakteristik Usaha/BCS (Business Characteristics Survey), 2019

Tahun Kegiatan
2019
Produsen : Subdit. Stat. Komunikasi dan Teknologi Informasi
Sektor Kegiatan : Lainnya
Sumber Dana : APBN
Metadata : Dokumentasi dalam PDF

Penanggung Jawab Kegiatan

Penyelenggara

Subdit. Stat. Komunikasi dan Teknologi Informasi

Penanggung Jawab Masalah Teknis

Subdit. Stat. Komunikasi dan Teknologi Informasi

Penanggung Jawab Metode Pengumpulan Data

Subdit. Stat. Komunikasi dan Teknologi Informasi

Penanggung Jawab Metode Pengolahan Data

Subdit. Stat. Komunikasi dan Teknologi Informasi

Penanggung Jawab Sumber Dana

Subdit. Stat. Komunikasi dan Teknologi Informasi

Informasi Pengumpulan Data

Penjelasan Umum

BCS (Business Characteristics Survey)/Survei Karakteristik Usaha adalah Survei yang mengintegrasikan bermacam informasi tentang dunia usaha yang saat ini masih ditangkap oleh beberapa jenis survei. BCS terdiri dari survei: P2TIK (sector Bisnis), Infokom (bioskop) dan IPTEK dan Inovasi. Latar Belakang survei BCS untuk mengurangi provider dan responden burden, mengurangi workload BPS di daerah terutama petugas lapangan, menghasilkan single source of truth untuk data perusahaan dan efisiensi sumber daya (waktu, tenaga, dan biaya).

Tujuan dan Manfaat Kegiatan

Secara garis besar, tujuan dari Survei Karakteristik Usaha/BCS 2019 adalah:

  1. Untuk memenuhi kebutuhan pengguna data terhadap ketersediaan ragam data Statistik TIK.
  2. Untuk mendapatkan gambaran tentang penggunaan dan pemanfaatan TIK di sektor bisnis.
  3. Untuk menyusun indikator ketenagakerjaan, indikator kepemilikan usaha, indikator daya saing, indikator     inovasi, indikator pokok TIK (core ICT indicators),dan indikator produktivitas.
  4. Untuk menyediakan evidence based policy making bagi pemerintah.

Frekuensi Kegiatan

Tahunan

Riwayat Kegiatan

Kegiatan survei BCS (Business Characteristics Survey)/Survei Karakteristik Usaha baru pertama kali dilakukan di tahun 2019. Survei BCS mencakup 3 survei yang sebelumnya sudah pernah dilakukan, yaitu  survei P2TIK (sektor Bisnis), Infokom (bioskop) dan IPTEK dan Inovasi.

Perubahan yang terjadi dari kegiatan sebelumnya

Tidak ada perubahan karena baru dilaksanakan tahun 2019.

Frekuensi Pengumpulan Data

- Tahunan

Tipe Pengumpulan Data

Cross Sectional

Referensi yang Digunakan

OSLO Manual 2015 dan Core ICT Indicators, 2016

Klasifikasi yang Digunakan

Klasifikasi/Master Wilayah:Master File Desa 2018 semester 1
Klasifikasi/Master Komoditas:-
Klasifikasi/Master Lapangan Usaha:Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 2015
Klasifikasi/Master Lainnya:Direktori Bioskop dari Pusbang Film Kemendikbud

Variabel Utama dan Konsep yang Digunakan

Nama Variabel Referensi Waktu
Wilayah Pemasaran/Penjualan 
Wilayah pemasaran/penjualan adalah nama kabupaten/kota/negara daerah tujuan pemasaran barang dagangan.
2018
Kendala Usaha 
Kendala usaha adalah aktor-faktor yang menghambat usaha dalam kinerja secara umum, terdiri atas kurangnya dana; piutang usaha; kurangnya tenaga ahli; peraturan pemerintah/regulasi; kurangnya permintaan pelanggan atas barang dan jasa; margin keuntungan yang rendah; ketersediaan bahan baku/bahan penolong; akses pasar (lokal, regional, maupun internasional); faktor lingkungan (misalnya bencana alam); dan perlindungan paten.
2018
Tenaga Kerja yang Mengakses Internet 
Tenaga kerja yang mengakses internet adalah tenaga kerja yang mengakses internet untuk keperluan usaha paling tidak sekali selama tahun 2018
2018
Kepemilikan website 
Website adalah halaman informasi yang dapat diakses melalui jalur internet. Website berisi sekumpulan halaman web dengan topik terkait yang memuat informasi tertentu dalam bentuk digital dan dapat diakses melalui jalur internet. Berlokasi di World Wide Web/www yang diidentifikasi oleh sebuah alamat web. Informasi didalam sebuah website dikodekan dalam bahasa tertentu (HTML, XML, Java) dan diakses menggunakan Web Browser seperti Microsof's Internet Explore, Mozilla Firefox, Google Chrome, dan lain-lain.
2018
Pemesanan Barang/Jasa Melalui Internet 
Pesanan melalui internet adalah transaksi di mana komitmen untuk berbelanja melalui internet terlepas dari bagaimana itu dimulai. Komitmen adalah persetujuan untuk berbelanja, baik pembayaran dilakukan melalui internet atau tidak. Memesan melalui internet untuk barang atau jasa dilakukan dengan menggunakan komputer, laptop, notebook, netbook, tablet, maupun smartphone/handphone. Termasuk dalam memesan melalui internet adalah memesan melalui internet dengan atau tanpa pembayaran online, memesan melalui email, pembelian tiket pesawat, perangkat lunak, perjalanan bisnis, akomodasi, alat tulis, dan lain-lain. Tidak termasuk didalamnya adalah pesanan dicakup oleh pengaturan kontrak yang sudah ada sebelumnya dimana komitmen tidak dilakukan melalui internet, pesanan diselesaikan melalui telepon, faksimili, atau kontrak pribadi, memesan melalui jaringan komputer apapun selain internet, atau pesanan internet yang dibatalkan.
2018

Metodologi

Cara Pengumpulan Data

Survei

Jenis Rancangan Sampel

Single Stage/Phase

Metode Pemilihan Sampel Stage Terakhir

Sampel probabilitas

Metode Pemilihan Sampel Probabilitas

Metode pemilihan sampel dilakukan secara sistematik dan independen pada setiap kelompok usaha

Rancangan Sampel

Kerangka Sampel

Kerangka sampel yang dibutuhkan dalam survei terdiri dari dua kelompok, yang pertama adalah kerangka sampel sektor bisnis yang meliputi direktori-direktori sebagai berikut :

a)         Direktori industri besar dan sedang,

b)         Direktori usaha perdagangan,

c)         Direktori hotel bintang (bintang satu, dua, tiga, empat dan lima) dan hotel melati,

d)         Direktori restoran/rumah makan,

e)         Direktori usaha informasi dan komunikasi

f)          Direktori Bioskop dari Pusbang Film Kemendik

Direktori usaha perdagangan diperoleh dari hasil SE2016-Lanjutan Pendataan UMB- UMK dengan cakupan KBLI 2015 kategori G.

Perusahaan UMB dan UMK diperoleh dari hasil SE2016-Lanjutan dengan cakupan KBLI 2015  kategori B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, R, dan S yang melakukan inovasi.

Keseluruhan Fraksi Sampel (Overall Sampling Fraction)

Skema sampling untuk masing-masing unit analisis adalah sebagai berikut: 1. Sektor Bisnis Sampling fraction untuk sektor bisnis: f_1=p_g/P_g w_1=1/f_1 Keterangan notasi: P_g= jumlah populasi usaha sektor bisnis di provinsi ke -g dari Direktori Usaha p_g= jumlah sampel usaha sektor bisnis di provinsi ke –g g = indeks provinsi 2. Perusahaan Bioskop Sampling fraction untuk perusahaan bioskop: f_2=1 w_2=1 Keterangan notasi: Q_g= jumlah populasi usaha sektor bisnis di provinsi ke -g dari Direktori Usaha q_g= jumlah sampel usaha sektor bisnis di provinsi ke –g g = indeks provinsi g = indeks provinsi 3. Usaha IPTEK dan Inovasi Sampling fraction untuk usaha IPTEK dan inovasi: f_3=r_g/R_g w_3=1/f_3 Keterangan notasi: R_g= jumlah populasi usaha IPTEK dan inovasi di provinsi ke -g dari frame SE2016-Lanjutan r_g= jumlah sampel usaha IPTEK dan inovasi di provinsi ke –g g = indeks provinsi

Perkiraan Sampling Error

Kecukupan sampelnya masih kurang

Unit Sampel

Secara lengkap unit sampel dalam survei ini adalah sebagai berikut:

Perusahaan industri pengolahan (industri besar dan sedang),
Usaha perdagangan meliputi perdagangan besar dan perdagangan eceran,
Perusahaan penyediaaan akomodasi, meliputi hotel bintang maupun melati,
Perusahaan penyediaan makan minum yaitu restoran/rumah makan,
Usaha informasi dan komunikasi,
Bioskop,

Perusahaan UMB dan UMK kategori B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, R, dan S yang melakukan inovasi.

Alokasi Sampel

Nasional

  1. Industri Besar : 501
  2. Industri Sedang : 648
  3. Perdagangan UMB : 954
  4. Perdagangan UMK : 856
  5. Hotel Bintang : 343
  6. Hotel Melati : 506
  7. Restoran : 267
  8. Infokom : 462
  9. Bioskop : 285
  10. IPTEK dan Inovasi : 3478

Total keseluruhan : 8300

Cakupan Wilayah

Sebagian kabupaten/kota

Wilayah Kegiatan

ProvinsiKabupaten
ACEHACEH BARAT, KOTA BANDA ACEH, KOTA LHOKSEUMAWE,
SUMATERA UTARASIMALUNGUN, DELI SERDANG, KOTA SIBOLGA, KOTA PEMATANG SIANTAR, KOTA MEDAN, KOTA BINJAI, KOTA PADANGSIDIMPUAN, GUNUNGSITOLI,
SUMATERA BARATKOTA PADANG, KOTA BUKITTINGGI,
RIAUINDRAGIRI HILIR, KOTA PEKANBARU, KOTA DUMAI,
JAMBIBUNGO, KOTA JAMBI,
SUMATERA SELATANOGAN KOMERING ULU, LAHAT, BANYUASIN, KOTA PALEMBANG, KOTA LUBUKLINGGAU,
BENGKULUKOTA BENGKULU,
LAMPUNGLAMPUNG SELATAN, LAMPUNG TENGAH, KOTA BANDAR LAMPUNG, KOTA METRO,
KEPULAUAN BANGKA BELITUNGBELITUNG, KOTA PANGKAL PINANG,
KEPULAUAN RIAUKARIMUN, KOTA BATAM, KOTA TANJUNG PINANG,
DKI JAKARTAKODYA JAKARTA SELATAN, KODYA JAKARTA TIMUR, KODYA JAKARTA PUSAT, KODYA JAKARTA BARAT, KODYA JAKARTA UTARA,
JAWA BARATBOGOR, SUKABUMI, CIANJUR, BANDUNG, GARUT, TASIKMALAYA, CIREBON, MAJALENGKA, SUMEDANG, INDRAMAYU, SUBANG, PURWAKARTA, KARAWANG, BEKASI, BANDUNG BARAT, KOTA BOGOR, KOTA SUKABUMI, KOTA BANDUNG, KOTA CIREBON, KOTA BEKASI, KOTA DEPOK, KOTA CIMAHI, KOTA TASIKMALAYA, KOTA BANJAR,
JAWA TENGAHCILACAP, BANYUMAS, BANJARNEGARA, MAGELANG, KLATEN, SUKOHARJO, KARANGANYAR, KUDUS, JEPARA, SEMARANG, TEGAL, KOTA SURAKARTA, KOTA SEMARANG, KOTA PEKALONGAN, KOTA TEGAL,
DI YOGYAKARTABANTUL, SLEMAN, KOTA YOGYAKARTA,
JAWA TIMURPONOROGO, TULUNGAGUNG, KEDIRI, MALANG, JEMBER, BANYUWANGI, PASURUAN, SIDOARJO, MOJOKERTO, JOMBANG, MADIUN, BOJONEGORO, GRESIK, SUMENEP, KOTA KEDIRI, KOTA MALANG, KOTA PROBOLINGGO, KOTA PASURUAN, KOTA MOJOKERTO, KOTA MADIUN, KOTA SURABAYA, KOTA BATU,
BANTENTANGERANG, SERANG, KOTA TANGERANG, KOTA CILEGON, KOTA SERANG, KOTA TANGERANG SELATAN,
BALIBADUNG, GIANYAR, BULELENG, KOTA DENPASAR,
NUSA TENGGARA BARATLOMBOK BARAT, SUMBAWA, KOTA MATARAM, KOTA BIMA,
NUSA TENGGARA TIMURSUMBA TIMUR, KUPANG, SIKKA, KOTA KUPANG,
KALIMANTAN BARATKETAPANG, SINTANG, KOTA PONTIANAK, KOTA SINGKAWANG,
KALIMANTAN TENGAHKOTAWARINGIN TIMUR, KOTA PALANGKA RAYA,
KALIMANTAN SELATANKOTA BARU, TABALONG, KOTA BANJARMASIN, KOTA BANJAR BARU,
KALIMANTAN TIMURKOTA BALIKPAPAN, KOTA SAMARINDA,
KALIMANTAN UTARAMALINAU, BULUNGAN, NUNUKAN, TARAKAN,
SULAWESI UTARAKOTA MANADO, KOTA BITUNG, KOTA KOTAMOBAGU,
SULAWESI TENGAHBANGGAI, KOTA PALU,
SULAWESI SELATANBULUKUMBA, MAROS, BONE, LUWU TIMUR, TORAJA UTARA, KOTA MAKASSAR, KOTA PARE-PARE, KOTA PALOPO,
SULAWESI TENGGARAKOTA KENDARI, KOTA BAU-BAU,
GORONTALOGORONTALO, KOTA GORONTALO,
SULAWESI BARATMAMUJU,
MALUKUMALUKU TENGGARA, KOTA AMBON, KOTA TUAL,
MALUKU UTARAHALMAHERA UTARA, KOTA TERNATE,
PAPUA BARATMANOKWARI, KOTA SORONG,
PAPUAMERAUKE, JAYAPURA, MIMIKA, KOTA JAYAPURA,

Unit Observasi

Perusahaan

Cakupan Responden

Perusahaan Industri Pengolahan, Perusahaan Penyediaan Akomodasi, Perusahaan Penyediaan Makan Minum, Perusahaan Perdagangan, Perusahaan informasi dan komunikasi, Bioskop, Perusahaan UMB dan UMK kategori B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, R, dan S yang melakukan inovasi.

Menggunakan data sekunder dari unit kerja/instansi lain

Tidak

Pengumpulan Data

Metode Pengumpulan Data

Melakukan Pilot Study

Tidak

Instrumen yang Digunakan

Kuesioner V-BCS

Petugas Pengumpulan Data

- Mitra

Jumlah Petugas Pengumpulan Data
Pengawas/Kortim170 Orang
Pencacah636 Orang
Mengadakan Pelatihan Petugas

Ya

Metode untuk mengetahui kinerja pengumpulan data

- Lainnya

Penyesuaian Non Respon

Penggantian Sampel

Pengolahan Data

Unit Kerja yang Melakukan Pengolahan

- Sendiri
- Integrasi Pengolahan

Metode Pengolahan

- Editing
- Coding
- Data Entri/Scan
- Validasi
- Tabulasi

Teknologi/Aplikasi yang Digunakan

MS. EXCEL, CAPI, SPSS

Estimasi dan Analisis

Metode Estimasi yang Digunakan

Estimasi Total

Komposisi dan Penimbang

Total populasi

Metode Analisis

Analisis deskriptif

Unit Analisis

Nasional dan provinsi

Ada unit kerja lain yang menggunakan data ini

Tidak

Kualitas dan Interpretasi Data

Perlakuan terhadap outlier, secara umum

Lainnya

Peningkatan Kualitas Data

  1. Melakukan konfirmasi data kepada para penyedia data.
  2. Melihat konsistensi data, yaitu membandingkan dengan series lainnya.
  3. Membandingkan dengan data-data pembanding lainnya.

Keterbandingan Data

Antar wilayah

Metode Revisi Data

Revisit atau kunjungan ulang

Evaluasi

Melakukan Studi Evaluasi

Tidak

Rekomendasi untuk yang akan datang

Komposisi sampel per kategori perlu diperhatikan.

Diseminasi Publikasi

Judul Publikasi

Statistik Karakteristik Usaha 2019

Diseminasi Data Mikro

Ketersediaan data mikro

Dari tahun 2019

Kode Label Pertanyaan Domain Value

Indikator dan Konsep yang Digunakan

No results found.





























Publikasi yang dihasilkan
Nama Publikasi Jadwal Rilis Level terendah
penyajian data
Dibedakan menurut perkotaan/ perdesaan Dibedakan menurut jenis kelamin
Statistik Karakteristik Usaha 2019 27-12-2019 Provinsi Tidak Ya
Copyright © 2020 Badan Pusat Statistik. All Rights Reserved.