Survei Karakteristik Usaha/BCS (Business Characteristics Survey), 2019
Produsen | : | Subdit. Stat. Komunikasi dan Teknologi Informasi |
Sektor Kegiatan | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi |
Sumber Dana | : | APBN |
Metadata | : | ![]() |
Penanggung Jawab Kegiatan
Subdit. Stat. Komunikasi dan Teknologi Informasi
Penanggung Jawab Masalah TeknisSubdit. Stat. Komunikasi dan Teknologi Informasi
Penanggung Jawab Metode Pengumpulan DataSubdit. Stat. Komunikasi dan Teknologi Informasi
Penanggung Jawab Metode Pengolahan DataSubdit. Stat. Komunikasi dan Teknologi Informasi
Penanggung Jawab Sumber DanaSubdit. Stat. Komunikasi dan Teknologi Informasi
Informasi Pengumpulan Data
BCS (Business Characteristics Survey)/Survei Karakteristik Usaha adalah Survei yang mengintegrasikan bermacam informasi tentang dunia usaha yang saat ini masih ditangkap oleh beberapa jenis survei. BCS terdiri dari survei: P2TIK (sector Bisnis), Infokom (bioskop) dan IPTEK dan Inovasi. Latar Belakang survei BCS untuk mengurangi provider dan responden burden, mengurangi workload BPS di daerah terutama petugas lapangan, menghasilkan single source of truth untuk data perusahaan dan efisiensi sumber daya (waktu, tenaga, dan biaya).
Tujuan dan Manfaat KegiatanSecara garis besar, tujuan dari Survei Karakteristik Usaha/BCS 2019 adalah:
- Untuk memenuhi kebutuhan pengguna data terhadap ketersediaan ragam data Statistik TIK.
- Untuk mendapatkan gambaran tentang penggunaan dan pemanfaatan TIK di sektor bisnis.
- Untuk menyusun indikator ketenagakerjaan, indikator kepemilikan usaha, indikator daya saing, indikator inovasi, indikator pokok TIK (core ICT indicators),dan indikator produktivitas.
- Untuk menyediakan evidence based policy making bagi pemerintah.
Tahunan
Riwayat KegiatanKegiatan survei BCS (Business Characteristics Survey)/Survei Karakteristik Usaha baru pertama kali dilakukan di tahun 2019. Survei BCS mencakup 3 survei yang sebelumnya sudah pernah dilakukan, yaitu survei P2TIK (sektor Bisnis), Infokom (bioskop) dan IPTEK dan Inovasi.
Perubahan yang terjadi dari kegiatan sebelumnyaTidak ada perubahan karena baru dilaksanakan tahun 2019.
Frekuensi Pengumpulan Data- Tahunan
Cross Sectional
Referensi yang DigunakanOSLO Manual 2015 dan Core ICT Indicators, 2016
Klasifikasi yang Digunakan
Klasifikasi/Master Wilayah | : | Master File Desa 2018 semester 1 |
Klasifikasi/Master Komoditas | : | - |
Klasifikasi/Master Lapangan Usaha | : | Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 2015 |
Klasifikasi/Master Lainnya | : | Direktori Bioskop dari Pusbang Film Kemendikbud |
Variabel Utama dan Konsep yang Digunakan
Nama Variabel | Referensi Waktu |
Wilayah Pemasaran/Penjualan 
Wilayah pemasaran/penjualan adalah nama kabupaten/kota/negara daerah tujuan pemasaran barang dagangan. |
2018 |
Kendala Usaha 
Kendala usaha adalah aktor-faktor yang menghambat usaha dalam kinerja secara umum, terdiri atas kurangnya dana; piutang usaha; kurangnya tenaga ahli; peraturan pemerintah/regulasi; kurangnya permintaan pelanggan atas barang dan jasa; margin keuntungan yang rendah; ketersediaan bahan baku/bahan penolong; akses pasar (lokal, regional, maupun internasional); faktor lingkungan (misalnya bencana alam); dan perlindungan paten. |
2018 |
Tenaga Kerja yang Mengakses Internet 
Tenaga kerja yang mengakses internet adalah tenaga kerja yang mengakses internet untuk keperluan usaha paling tidak sekali selama tahun 2018 |
2018 |
Kepemilikan website 
Website adalah halaman informasi yang dapat diakses melalui jalur internet. Website berisi sekumpulan halaman web dengan topik terkait yang memuat informasi tertentu dalam bentuk digital dan dapat diakses melalui jalur internet. Berlokasi di World Wide Web/www yang diidentifikasi oleh sebuah alamat web. Informasi didalam sebuah website dikodekan dalam bahasa tertentu (HTML, XML, Java) dan diakses menggunakan Web Browser seperti Microsof's Internet Explore, Mozilla Firefox, Google Chrome, dan lain-lain. |
2018 |
Pemesanan Barang/Jasa Melalui Internet 
Pesanan melalui internet adalah transaksi di mana komitmen untuk berbelanja melalui internet terlepas dari bagaimana itu dimulai. Komitmen adalah persetujuan untuk berbelanja, baik pembayaran dilakukan melalui internet atau tidak. Memesan melalui internet untuk barang atau jasa dilakukan dengan menggunakan komputer, laptop, notebook, netbook, tablet, maupun smartphone/handphone. Termasuk dalam memesan melalui internet adalah memesan melalui internet dengan atau tanpa pembayaran online, memesan melalui email, pembelian tiket pesawat, perangkat lunak, perjalanan bisnis, akomodasi, alat tulis, dan lain-lain. Tidak termasuk didalamnya adalah pesanan dicakup oleh pengaturan kontrak yang sudah ada sebelumnya dimana komitmen tidak dilakukan melalui internet, pesanan diselesaikan melalui telepon, faksimili, atau kontrak pribadi, memesan melalui jaringan komputer apapun selain internet, atau pesanan internet yang dibatalkan. |
2018 |
Metodologi
Survei
Jenis Rancangan SampelSingle Stage/Phase
Metode Pemilihan Sampel Stage TerakhirSampel probabilitas
Metode Pemilihan Sampel ProbabilitasMetode pemilihan sampel dilakukan secara sistematik dan independen pada setiap kelompok usaha
Rancangan Sampel
Kerangka sampel yang dibutuhkan dalam survei terdiri dari dua kelompok, yang pertama adalah kerangka sampel sektor bisnis yang meliputi direktori-direktori sebagai berikut :
a) Direktori industri besar dan sedang,
b) Direktori usaha perdagangan,
c) Direktori hotel bintang (bintang satu, dua, tiga, empat dan lima) dan hotel melati,
d) Direktori restoran/rumah makan,
e) Direktori usaha informasi dan komunikasi
f) Direktori Bioskop dari Pusbang Film Kemendik
Direktori usaha perdagangan diperoleh dari hasil SE2016-Lanjutan Pendataan UMB- UMK dengan cakupan KBLI 2015 kategori G.
Perusahaan UMB dan UMK diperoleh dari hasil SE2016-Lanjutan dengan cakupan KBLI 2015 kategori B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, R, dan S yang melakukan inovasi.
Keseluruhan Fraksi Sampel (Overall Sampling Fraction)Skema sampling untuk masing-masing unit analisis adalah sebagai berikut: 1. Sektor Bisnis Sampling fraction untuk sektor bisnis: f_1=p_g/P_g w_1=1/f_1 Keterangan notasi: P_g= jumlah populasi usaha sektor bisnis di provinsi ke -g dari Direktori Usaha p_g= jumlah sampel usaha sektor bisnis di provinsi ke –g g = indeks provinsi 2. Perusahaan Bioskop Sampling fraction untuk perusahaan bioskop: f_2=1 w_2=1 Keterangan notasi: Q_g= jumlah populasi usaha sektor bisnis di provinsi ke -g dari Direktori Usaha q_g= jumlah sampel usaha sektor bisnis di provinsi ke –g g = indeks provinsi g = indeks provinsi 3. Usaha IPTEK dan Inovasi Sampling fraction untuk usaha IPTEK dan inovasi: f_3=r_g/R_g w_3=1/f_3 Keterangan notasi: R_g= jumlah populasi usaha IPTEK dan inovasi di provinsi ke -g dari frame SE2016-Lanjutan r_g= jumlah sampel usaha IPTEK dan inovasi di provinsi ke –g g = indeks provinsi
Perkiraan Sampling ErrorKecukupan sampelnya masih kurang
Unit SampelSecara lengkap unit sampel dalam survei ini adalah sebagai berikut:
Perusahaan industri pengolahan (industri besar dan sedang),
Usaha perdagangan meliputi perdagangan besar dan perdagangan eceran,
Perusahaan penyediaaan akomodasi, meliputi hotel bintang maupun melati,
Perusahaan penyediaan makan minum yaitu restoran/rumah makan,
Usaha informasi dan komunikasi,
Bioskop,
Perusahaan UMB dan UMK kategori B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, R, dan S yang melakukan inovasi.
Alokasi SampelNasional
- Industri Besar : 501
- Industri Sedang : 648
- Perdagangan UMB : 954
- Perdagangan UMK : 856
- Hotel Bintang : 343
- Hotel Melati : 506
- Restoran : 267
- Infokom : 462
- Bioskop : 285
- IPTEK dan Inovasi : 3478
Total keseluruhan : 8300
Cakupan WilayahSebagian kabupaten/kota
Wilayah KegiatanProvinsi | Kabupaten |
---|---|
ACEH | ACEH BARAT, KOTA BANDA ACEH, KOTA LHOKSEUMAWE, |
SUMATERA UTARA | SIMALUNGUN, DELI SERDANG, KOTA SIBOLGA, KOTA PEMATANG SIANTAR, KOTA MEDAN, KOTA BINJAI, KOTA PADANGSIDIMPUAN, GUNUNGSITOLI, |
SUMATERA BARAT | KOTA PADANG, KOTA BUKITTINGGI, |
RIAU | INDRAGIRI HILIR, KOTA PEKANBARU, KOTA DUMAI, |
JAMBI | BUNGO, KOTA JAMBI, |
SUMATERA SELATAN | OGAN KOMERING ULU, LAHAT, BANYUASIN, KOTA PALEMBANG, KOTA LUBUKLINGGAU, |
BENGKULU | KOTA BENGKULU, |
LAMPUNG | LAMPUNG SELATAN, LAMPUNG TENGAH, KOTA BANDAR LAMPUNG, KOTA METRO, |
KEPULAUAN BANGKA BELITUNG | BELITUNG, KOTA PANGKAL PINANG, |
KEPULAUAN RIAU | KARIMUN, KOTA BATAM, KOTA TANJUNG PINANG, |
DKI JAKARTA | KODYA JAKARTA SELATAN, KODYA JAKARTA TIMUR, KODYA JAKARTA PUSAT, KODYA JAKARTA BARAT, KODYA JAKARTA UTARA, |
JAWA BARAT | BOGOR, SUKABUMI, CIANJUR, BANDUNG, GARUT, TASIKMALAYA, CIREBON, MAJALENGKA, SUMEDANG, INDRAMAYU, SUBANG, PURWAKARTA, KARAWANG, BEKASI, BANDUNG BARAT, KOTA BOGOR, KOTA SUKABUMI, KOTA BANDUNG, KOTA CIREBON, KOTA BEKASI, KOTA DEPOK, KOTA CIMAHI, KOTA TASIKMALAYA, KOTA BANJAR, |
JAWA TENGAH | CILACAP, BANYUMAS, BANJARNEGARA, MAGELANG, KLATEN, SUKOHARJO, KARANGANYAR, KUDUS, JEPARA, SEMARANG, TEGAL, KOTA SURAKARTA, KOTA SEMARANG, KOTA PEKALONGAN, KOTA TEGAL, |
DI YOGYAKARTA | BANTUL, SLEMAN, KOTA YOGYAKARTA, |
JAWA TIMUR | PONOROGO, TULUNGAGUNG, KEDIRI, MALANG, JEMBER, BANYUWANGI, PASURUAN, SIDOARJO, MOJOKERTO, JOMBANG, MADIUN, BOJONEGORO, GRESIK, SUMENEP, KOTA KEDIRI, KOTA MALANG, KOTA PROBOLINGGO, KOTA PASURUAN, KOTA MOJOKERTO, KOTA MADIUN, KOTA SURABAYA, KOTA BATU, |
BANTEN | TANGERANG, SERANG, KOTA TANGERANG, KOTA CILEGON, KOTA SERANG, KOTA TANGERANG SELATAN, |
BALI | BADUNG, GIANYAR, BULELENG, KOTA DENPASAR, |
NUSA TENGGARA BARAT | LOMBOK BARAT, SUMBAWA, KOTA MATARAM, KOTA BIMA, |
NUSA TENGGARA TIMUR | SUMBA TIMUR, KUPANG, SIKKA, KOTA KUPANG, |
KALIMANTAN BARAT | KETAPANG, SINTANG, KOTA PONTIANAK, KOTA SINGKAWANG, |
KALIMANTAN TENGAH | KOTAWARINGIN TIMUR, KOTA PALANGKA RAYA, |
KALIMANTAN SELATAN | KOTA BARU, TABALONG, KOTA BANJARMASIN, KOTA BANJAR BARU, |
KALIMANTAN TIMUR | KOTA BALIKPAPAN, KOTA SAMARINDA, |
KALIMANTAN UTARA | MALINAU, BULUNGAN, NUNUKAN, TARAKAN, |
SULAWESI UTARA | KOTA MANADO, KOTA BITUNG, KOTA KOTAMOBAGU, |
SULAWESI TENGAH | BANGGAI, KOTA PALU, |
SULAWESI SELATAN | BULUKUMBA, MAROS, BONE, LUWU TIMUR, TORAJA UTARA, KOTA MAKASSAR, KOTA PARE-PARE, KOTA PALOPO, |
SULAWESI TENGGARA | KOTA KENDARI, KOTA BAU-BAU, |
GORONTALO | GORONTALO, KOTA GORONTALO, |
SULAWESI BARAT | MAMUJU, |
MALUKU | MALUKU TENGGARA, KOTA AMBON, KOTA TUAL, |
MALUKU UTARA | HALMAHERA UTARA, KOTA TERNATE, |
PAPUA BARAT | MANOKWARI, KOTA SORONG, |
PAPUA | MERAUKE, JAYAPURA, MIMIKA, KOTA JAYAPURA, |
Perusahaan
Cakupan RespondenPerusahaan Industri Pengolahan, Perusahaan Penyediaan Akomodasi, Perusahaan Penyediaan Makan Minum, Perusahaan Perdagangan, Perusahaan informasi dan komunikasi, Bioskop, Perusahaan UMB dan UMK kategori B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, R, dan S yang melakukan inovasi.
Menggunakan data sekunder dari unit kerja/instansi lainTidak
Pengumpulan Data
Tidak
Instrumen yang DigunakanKuesioner V-BCS
Petugas Pengumpulan Data- Mitra
Pengawas/Kortim | 170 Orang |
Pencacah | 636 Orang |
Ya
Metode untuk mengetahui kinerja pengumpulan data- Lainnya
Penggantian Sampel
Pengolahan Data
- Sendiri
- Integrasi Pengolahan
- Editing
- Coding
- Data Entri/Scan
- Validasi
- Tabulasi
MS. EXCEL, CAPI, SPSS
Estimasi dan Analisis
Estimasi Total
Komposisi dan PenimbangTotal populasi
Metode AnalisisAnalisis deskriptif
Unit AnalisisNasional dan provinsi
Ada unit kerja lain yang menggunakan data iniTidak
Kualitas dan Interpretasi Data
Lainnya
Peningkatan Kualitas Data- Melakukan konfirmasi data kepada para penyedia data.
- Melihat konsistensi data, yaitu membandingkan dengan series lainnya.
- Membandingkan dengan data-data pembanding lainnya.
Antar wilayah
Metode Revisi DataRevisit atau kunjungan ulang
Evaluasi
Tidak
Rekomendasi untuk yang akan datangKomposisi sampel per kategori perlu diperhatikan.
Diseminasi Publikasi
Statistik Karakteristik Usaha 2019
Diseminasi Data Mikro
Dari tahun 2019
Indikator dan Konsep yang Digunakan
Kuesioner Survei Karakteristik Usaha 2019 | ![]() |
Buku Pedoman Pencacahan dan Pengawas Survei Karakteristik Usaha 2019 | ![]() |
Buku Pedoman Penggunaan Coolkit untuk Survey dan Sensus BPS | ![]() |
Nama Publikasi | Jadwal Rilis | Level terendah penyajian data |
Dibedakan menurut perkotaan/ perdesaan | Dibedakan menurut jenis kelamin |
---|---|---|---|---|
Statistik Karakteristik Usaha 2019 | 27-12-2019 | Provinsi | Tidak | Ya |