Survei Waktu Tunggu (Dwelling Time) di Pelabuhan, 2015

Tahun Kegiatan
2015
Produsen : Subdit. Stat. Transportasi
Sektor Kegiatan : Keuangan, Niaga dan Jasa
Sumber Dana : APBN
Metadata : Dokumentasi dalam PDF

Penanggung Jawab Kegiatan

Penyelenggara

Subdit. Stat. Transportasi

Penanggung Jawab Masalah Teknis

Subdit. Stat. Transportasi

Penanggung Jawab Metode Pengumpulan Data

Subdit. Stat. Transportasi

Penanggung Jawab Metode Pengolahan Data

Subdit. Stat. Transportasi

Penanggung Jawab Sumber Dana

Subdit. Stat. Transportasi

Informasi Pengumpulan Data

Penjelasan Umum

Pemerintah bertekad mewujudkan perubahan menuju Indonesia yang berdaulat secara politik, mandiri dalam bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan, dengan merumuskan sembilan agenda prioritas dalam pemerintahan ke depan yang disebut nawa cita. Perubahan ini merupakan upaya untuk merealisasikan visi terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong yang ditempuh melalui tujuh misi, diantaranya misi mewujudkan bangsa yang berdaya saing. Bangsa yang berdaya saing dapat diwujudkan antara lain dengan mewujudkan ketersediaan infrastruktur dan sarana transportasi yang memadai agar dapat menghilangkan atau paling tidak mengurangi terjadinya hambatan kelancaran arus distribusi barang dalam negeri maupun luar negeri dan dapat menurunkan biaya logistik yang mesti ditanggung para pelaku usaha terkait. Kelancaran arus distribusi barang sulit dicapai tanpa didukung oleh peningkatan efisiensi tata laksana melalui cara-cara seperti mempersingkat waktu tunggu (dwelling time) barang di pelabuhan. Untuk itu, dalam rangka penyediaan informasi dwelling time di pelabuhan yang merupakan salah satu indikator efisiensi pengelolaan pelabuhan maka diperlukan suatu survei untuk mendapatkan informasi waktu lamanya barang berada (tertahan) di pelabuhan berdasarkan data arus kunjungan kapal dan arus barang di pelabuhan, melengkapi muatan informasi data simoppel yang selama ini sudah rutin setiap bulan dikumpulkan dari pihak pengelola pelabuhan. Survei ini penting dilakukan untuk dapat melengkapi ketersediaan data statistik transportasi yang bermanfaat bagi para pemangku kepentingan yang berkaitan dengan usaha kepelabuhanan, khususnya terkait dengan kelancaran arus distribusi barang di pelabuhan. Hasil survei ini selain melengkapi ketersediaan data statistik transportasi yang sudah ada juga diharapkan dapat melengkapi keragaman data statistik transportasi khususnya dalam rangka penyediaan dan pengembangan data statistik logistik dan transportasi kemaritiman. Lebih lanjut, hasil survei ini nantinya dapat digunakan sebagai rujukan untuk penyusunan rencana dan pengembangan kegiatan statistik transportasi pada masa yang akan datang.

Tujuan dan Manfaat Kegiatan

- Mendapatkan dan menyajikan data/informasi waktu lamanya barang berada (tertahan) di pelabuhan; - Mendapatkan dan menyajikan data/informasi fasilitas dan kinerja layanan kepelabuhanan; - Mendapatkan dan menyajikan data/informasi prospek usaha kepelabuhanan.

Frekuensi Kegiatan

Tahunan

Frekuensi Pengumpulan Data

- Bulanan

Tipe Pengumpulan Data

Longitudinal

Referensi yang Digunakan

- Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 62 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan - Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 44 Tahun 2011 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 62 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan - Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 35 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Otoritas Pelabuhan Utama - Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 36 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan

Klasifikasi yang Digunakan

- Klasifikasi/Master Wilayah: Klasifikasi Pelabuhan - Klasifikasi/Master Komoditas: - Klasifikasi/Master Lapangan Usaha: - Klasifikasi/Master Jabatan: - Klasifikasi/Master Lainnya:

Jadwal Kegiatan
Perencanaan/ PersiapanN/A s.d. 31 Mar 2015
Pelaksanaan Lapangan01 Apr 2015 s.d. 29 May 2015
Pengolahan01 Jun 2015 s.d. 28 Aug 2015
Analisis02 Jan 2015 s.d. 23 Dec 2015

Variabel Utama dan Konsep yang Digunakan

Nama Variabel Referensi Waktu
Fasilitas Gudang yang dimiliki/dioperasikan 
Gudang adalah bangunan yang digunakan untuk menyimpan barang-barang yang berasal dari kapal atau yang akan dimuat ke kapal. Gudang yang ada di pelabuhan mempunyai fungsi untuk: 1) tempat menunggu penyelesaian dokumen, 2) tempat mengumpulkan barang-barang yang akan dimuat ke kapal, sehingga diharapkan kapal tidak menunggu muatan, dan 3) tempat konsolidasi, seperti sorting (mengumpulkan dan memilih), marking (pemberian tanda), packing (pembungkusan) , weighting (penimbangan).
-
Fasilitas gudang yang dimiliki/dioperasikan Fasilitas lapangan penumpukan petikemas (container yard) 
Lapangan Penumpukan Petikemas (Container Yard) adalah lapangan penumpukan yang diperuntukan sebagai tempat penyimpanan petikemas (container), dimana petikemas (container) disusun rapi memakai top leader atau side loader secara berbaris.
-
Fasilitas Dermaga 
Dermaga adalah bangunan pelabuhan yang digunakan untuk merapatnya kapal dan menambatkannya pada waktu bongkar muat barang. Ada dua macam dermaga yaitu yang berada di garis pantai dan sejajar dengan pantai yang disebut quai atau wharf, dan yang menjorok (tegak lurus) pantai yang disebut pier. Pada pelabuhan barang, di belakang dermaga harus terdapat halaman yang cukup luas untuk menempatkan barang-barang selama menunggu pengapalan atau angkutan ke darat. Dermaga ini juga dilengkapi dengan kran (crane) untuk mengangkut barang dari dan ke kapal.
-
Rata-rata lama kegiatan bongkar muat barang di pelabuhan 
-
Rata-rata lama barang berada di pelabuhan 
-

Metodologi

Cara Pengumpulan Data

Kompilasi

Jenis Rancangan Sampel

Single Stage/Phase

Metode Pemilihan Sampel Stage Terakhir

Sampel non-probabilitas

Rancangan Sampel

Kerangka Sampel

1

Alokasi Sampel

200 unit sampel

Cakupan Wilayah

Sebagian kabupaten/kota

Unit Observasi

Pelabuhan dan perusahaan

Cakupan Responden

Pelabuhan dan perusahaan

Menggunakan data sekunder dari unit kerja/instansi lain

Ya

Pengumpulan Data

Metode Pengumpulan Data

Wawancara langsung, kompilasi data statistik

Melakukan Pilot Study

Ya ,
-

Instrumen yang Digunakan

kuesioner

Petugas Pengumpulan Data

- Staf
- KSK

Jumlah Petugas Pengumpulan Data
Pengawas/Kortim1 Orang
Pencacah1 Orang
Mengadakan Pelatihan Petugas

Ya

Metode untuk mengetahui kinerja pengumpulan data

- Revisit
- Supervisi

Penyesuaian Non Respon

Penggantian Sampel

Pengolahan Data

Unit Kerja yang Melakukan Pengolahan

- Sendiri

Metode Pengolahan

- Batching
- Editing
- Coding
- Data Entri/Scan
- Verifikasi
- Validasi
- Tabulasi

Teknologi/Aplikasi yang Digunakan

Excel

Estimasi dan Analisis

Metode Estimasi yang Digunakan

Estimasi dengan menggunakan data rata-rata kelompok.

Metode Analisis

Deskriptif

Unit Analisis

Pelabuhan dan perusahaan

Ada unit kerja lain yang menggunakan data ini

Tidak

Kualitas dan Interpretasi Data

Perlakuan terhadap outlier, secara umum

Imputasi

Peningkatan Kualitas Data

Melakukan Rule Validation pada proses pengolahan dan melakukan kroscek kepada sumber data jika ditemukan ketidakwajaran isian.

Keterbandingan Data

Antar wilayah dan antar waktu

Evaluasi

Melakukan Studi Evaluasi

Tidak

Diseminasi Publikasi

Judul Publikasi

Laporan Survei Waktu Tunggu (Dwelling Time) di Pelabuhan

Diseminasi Data Mikro

Ketersediaan data mikro

Dari tahun

Kode Label Pertanyaan Domain Value

Indikator dan Konsep yang Digunakan

No results found.





























Publikasi yang dihasilkan
Nama Publikasi Jadwal Rilis Level terendah
penyajian data
Dibedakan menurut perkotaan/ perdesaan Dibedakan menurut jenis kelamin
Laporan Survei Waktu Tunggu (Dwelling Time) di Pelabuhan 30-12-2015 Provinsi Tidak Tidak
Copyright © 2020 Badan Pusat Statistik. All Rights Reserved.