Kompilasi Data Transportasi, 2016

Tahun Kegiatan
2016
Produsen : Subdit. Stat. Transportasi
Sektor Kegiatan : Keuangan, Niaga dan Jasa
Sumber Dana : APBN
Metadata : Dokumentasi dalam PDF

Penanggung Jawab Kegiatan

Penyelenggara

Subdit. Stat. Transportasi

Penanggung Jawab Masalah Teknis

Subdit. Statistik Transportasi

Penanggung Jawab Metode Pengumpulan Data

Subdit. Statistik Transportasi

Penanggung Jawab Metode Pengolahan Data

Subdit. Statistik Transportasi

Penanggung Jawab Diseminasi Data

Penanggung Jawab Sumber Dana

Subdit. Statistik Transportasi

Informasi Pengumpulan Data

Penjelasan Umum

Salah satu faktor penentu keberhasilan pembangunan adalah terwujudnya kelancaran arus barang dan jasa. Penyediaan sarana dan prasarana angkutan darat, laut dan udara yang memadai sangat dibutuhkan untuk mendukung terwujudnya hal tersebut. Di sisi lain, data statistik angkutan diperlukan guna mendukung perencanaan pembangunan sektor transportasi. Selama ini BPS mengumpulkan data angkutan darat, angkutan laut, dan angkutan udara dari instansi terkait. Data tersebut meliputi jumlah kendaraan bermotor, SIM, kecelakaan lalu lintas, panjang jalan, jumlah penumpang dan barang yang diangkut kereta api; bongkar muat barang, kunjungan kapal, dan penumpang di pelabuhan; lalu-lintas pesawat, penumpang, dan barang angkutan udara di bandara. Masing-masing data dikumpulkan periodik menggunakan kuesioner yang spesifik dengan frekuensi pengumpulan data yang berbeda: - bulanan untuk data angkutan kereta api, angkutan laut, dan angkutan udara, - tahunan untuk data angkutan darat lainnya.

Tujuan dan Manfaat Kegiatan

- Menyediakan data angkutan darat, laut, dan udara secara periodik dan berkesinambungan dalam: 1) Berita Resmi Statistik (BRS), Indikator Ekonomi, dan Laporan Bulanan Data Sosial Ekonomi, yang disajikan bulanan; 2) Publikasi Statistik Transportasi dan Publikasi Statistik Indonesia yang disajikan tahunan, dan 3) Penyajian dalam bentuk lainnya, seperti penyajian dalam website, - Sebagai masukan dalam perencanaan pembangunan khususnya di bidang transportasi, baik di Pemerintahan Provinsi (Pemprov), Pemerintahan Kabupaten/Kota (Pemkab/Pemkot) maupun Nasional.

Frekuensi Kegiatan

Tahunan

Riwayat Kegiatan

Data statistik transportasi merupakan kompilasi data angkutan darat, laut, dan udara yang dikumpulkan secara nasional dari instansi terkait (produk administrasi instansi yang bersangkutan), baik bulanan maupun tahunan. a. Data angkutan darat yang dikumpulkan meliputi jumlah kendaraan bermotor, SIM (Surat Ijin Mengemudi), dan kecelakaan lalu lintas bersumber dari Korlantas POLRI. Daftar perusahaan Bus AKDP dan Truk bersumber dari Dinas Perhubungan Provinsi/ Kabupaten/Kota. Data panjang jalan dengan status jalan negara diperoleh dari Kementerian Pekerjaan Umum, sedangkan data panjang jalan menurut wilayah provinsi dan kabupaten/kota diperoleh dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi/ Kabupaten/Kota. Data penumpang dan barang angkutan kereta api dikumpulkan melalui Kantor Pusat PT. KAI (Persero) dan PT. KAI Commuter Jabodetabek. b. Data angkutan laut yang dikumpulkan meliputi data bongkar muat barang dan penumpang dilaksanakan di seluruh pelabuhan setiap bulan, baik di pelabuhan yang diusahakan maupun pelabuhan yang tidak diusahakan. Pelabuhan yang diusahakan dikelola oleh PT (Persero) Pelabuhan Indonesia I s.d. IV, sedangkan pelabuhan yang tidak diusahakan dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kantor Pelabuhan (KANPEL). Data tersebut mencakup data pelayaran dalam negeri dan pelayaran luar negeri. c.Data angkutan udara yang dikumpulkan meliputi data lalu lintas angkutan udara di bandara dan data produksi perusahaan penerbangan. Data lalu lintas angkutan udara terdiri dari pergerakan pesawat, penumpang, barang, bagasi dan pos/paket menurut asal tujuan, baik penerbangan domestik maupun penerbangan internasional. Sedangkan data produksi perusahaan penerbangan dikumpulkan dari Direktorat Lalu Lintas Angkutan Udara Kementerian Perhubungan.

Perubahan yang terjadi dari kegiatan sebelumnya

- Mulai Tahun 2008, data yang disajikan dalam Publikasi Statistik Transportasi sudah tidak termasuk data Pos dan Telekomunikasi - Mulai Tahun 2015 Publikasi Statistik Transportasi dipecah menjadi 3 (tiga) publikasi yaitu: 1. Statistik Transportasi Darat, 2. Statistik Transportasi Laut, 3. Statistik Transportasi Udara Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan keanekaragaman data dari masing-masing moda.

Frekuensi Pengumpulan Data

- Bulanan
- Tahunan

Tipe Pengumpulan Data

Longitudinal

Indikator Pengumpulan Data Longitudinal

Parallel Studies

Referensi yang Digunakan

GAIKINDO, AISI ; PT (Persero) PELINDO I sd IV ; PT (Persero) ANGKASA PURA I dan II; Kementerian Perhubungan RI; Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI; PT. KAI Indonesia; PT. KAI Commuter Jabodetabek; dan Korlantas Polri

Klasifikasi yang Digunakan

- Klasifikasi/Master Wilayah: - Klasifikasi/Master Komoditas: - Klasifikasi/Master Lapangan Usaha: KBLI 2009 - Klasifikasi/Master Jabatan: - Klasifikasi/Master Lainnya: Klasifikasi Pelabuhan dan Klasifikasi Bandar Udara

Jadwal Kegiatan
Perencanaan/ Persiapan01 Dec 2015 s.d. 31 Jan 2016
Pelaksanaan Lapangan01 Jan 2015 s.d. 30 Jun 2016
Pengolahan01 Jul 2016 s.d. 15 Sep 2016
Analisis15 Sep 2016 s.d. 31 Oct 2016

Variabel Utama dan Konsep yang Digunakan

Nama Variabel Referensi Waktu
SIM yang dikeluarkan 
Surat Ijin Mengemudi (SIM) adalah surat yang dikeluarkan oleh kepolisian sebagai tanda kelayakan seseorang mengendarai suatu kendaraan bermotor.
-
Kecelakaan lalu lintas 
Kecelakaan Lalu Lintas adalah suatu peristiwa di Jalan yang tidak diduga dan tidak disengaja melibatkan Kendaraan dengan atau tanpa Pengguna Jalan lain yang mengakibatkan korban manusia dan/atau kerugian harta benda.
-
Kendaraan bermotor 
Kendaraan bermotor adalah setiap kendaraan yang digerakkan oleh peralatan teknik yang ada pada kendaraan tersebut, biasanya digunakan untuk angkutan orang atau barang diatas jalan raya.
-
Jalan negara 
Jalan Negara/Nasional merupakan jalan arteri dan jalan kolektor dalam sistem jaringan jalan primer yang menghubungkan antaribukota provinsi, dan jalan strategis nasional, serta jalan tol
-
Jalan provinsi 
Jalan Provinsi merupakan jalan kolektor dalam sistem jaringan jalan primer yang menghubungkan ibukota provinsi dengan ibukota kabupaten/ kota, atau antaribukota kabupaten/ kota, dan jalan strategis provinsi
-

Metodologi

Cara Pengumpulan Data

Kompilasi

Rancangan Sampel

Cakupan Wilayah

Seluruh kabupaten/kota

Unit Observasi

Perusahaan/pengelola pelabuhan/bandara/kereta api/instansi pemerintah terkait

Cakupan Responden

- Angkutan Darat: Ditjen Bina Marga-Kementerian Pekerjaan Umum, Dinas PU Pemda Provinsi/Kab/Kota, Dinas Perhubungan Pemda Provinsi/Kab/Kota, Korlantas POLRI, PT. KAI Pusat, dan PT. KAI Commuter Jabodetabek - Angkutan Laut: PT (Persero) Pelabuhan Indonesia I.-IV, Pelabuhan Cabang, Pelabuhan Lainnya-Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kantor Pelabuhan - Angkutan Udara: PT (Persero) Angkasa Pura I dan II, Bandara Cabang, Bandara Lainnya-UPT Kementerian Perhubungan

Menggunakan data sekunder dari unit kerja/instansi lain

Ya

Pengumpulan Data

Metode Pengumpulan Data

Mengisi Kuesioner Sendiri (Swacacah)

Melakukan Pilot Study

Tidak

Instrumen yang Digunakan

a. Angkutan Darat Dokumen PJ II/5, PJ II/6, AJR II/2, AJR II/3, Form KAI, dan Form Korlantas b. Angkutan Laut Dokumen SIMOPPEL (T.II.01 s/d T.II.09 dan T.II.UPT) dan Fax AL c. Angkutan Udara Dokumen model III/1 dan Fax AU

Petugas Pengumpulan Data

Jumlah Petugas Pengumpulan Data
Pengawas/Kortim Orang
Pencacah Orang
Mengadakan Pelatihan Petugas

Tidak

Metode untuk mengetahui kinerja pengumpulan data

Penyesuaian Non Respon

Pengolahan Data

Unit Kerja yang Melakukan Pengolahan

- Sendiri

Metode Pengolahan

- Batching
- Editing
- Coding
- Data Entri/Scan
- Verifikasi
- Validasi
- Tabulasi

Teknologi/Aplikasi yang Digunakan

Corel Draw, MS Excel, MS Word, Aplikasi berbasis Web

Estimasi dan Analisis

Metode Analisis

Analisis deskriptif, menjelaskan gambaran umum tentang karakteristik dari data kuantitatif yang telah diperoleh dan dihasilkan

Unit Analisis

Perusahaan dan instansi sumber data

Ada unit kerja lain yang menggunakan data ini

Ya

Kualitas dan Interpretasi Data

Perlakuan terhadap outlier, secara umum

Revisi dengan Menggunakan Nilai Rata-rata Kelompok

Peningkatan Kualitas Data

Mengaplikasikan sistem pengolahan (fax AL dan fax AU) berbasis web dan memaksimalkan jumlah pemasukan/penerimaan dokumen (response rate)

Perbandingan Data

3

Metode Revisi Data

Revisi data (data bulanan dan tahunan) dilakukan / disajikan pada bulan/tahun berikutnya

Evaluasi

Melakukan Studi Evaluasi

Tidak

Diseminasi

Data yang didiseminasikan dibedakan menurut jenis kelamin

Tidak

Level penyajian sampai dengan tingkat

Provinsi

Dibedakan menurut daerah perkotaan/perdesaan

Tidak

Dokumentasi

Kuesioner

AJR II/2
AJR II/3
FAX AL
FAX AU
SIMMOPPEL T.II.02
SIMMOPPEL T.II.UPT
Form KAI
Model III/1
PJ II/5
SIMMOPPEL T.II.01
PJ II/5
PJ II/6
SIMMOPPEL T.II.06
SIMMOPPEL T.II.03
SIMMOPPEL T.II.04
SIMMOPPEL T.II.08
SIMMOPPEL T.II.05
SIMMOPPEL T.II.07
SIMMOPPEL T.II.09

Kode Label Pertanyaan Domain Value

Indikator dan Konsep yang Digunakan

Displaying 1-2 of 2 results.
Km-Penumpang
Kilometer-penumpang adalah jumlah kilometer dari semua penumpang yang berangkat.
Km-Ton
Kilometer-ton adalah jumlah kilometer semua ton barang yang diangkut.





























Data MikroLayoutUnduh
Kuesioner
AJR II/2   
AJR II/3   
FAX AL   
FAX AU   
SIMMOPPEL T.II.02   
SIMMOPPEL T.II.UPT   
Form KAI   
Model III/1   
PJ II/5   
SIMMOPPEL T.II.01   
PJ II/5   
PJ II/6   
SIMMOPPEL T.II.06   
SIMMOPPEL T.II.03    
SIMMOPPEL T.II.04    
SIMMOPPEL T.II.08   
SIMMOPPEL T.II.05   
SIMMOPPEL T.II.07   
SIMMOPPEL T.II.09   
Metadata kegiatan statistik sektoral/khusus yang tersedia merupakan hasil penghimpunan tahun 2016. Metadata sebelumnya dapat diakses melalui SIRuSa 2014.
Copyright © 2017 Badan Pusat Statistik. All Rights Reserved.