Survei Usaha Restoran/Rumah Makan, 2016

Tahun Kegiatan
2016
Produsen : Subdit. Stat. Pariwisata
Sektor Kegiatan : Keuangan, Niaga dan Jasa
Sumber Dana : APBN
Metadata : Dokumentasi dalam PDF

Penanggung Jawab Kegiatan

Penyelenggara

Subdit. Stat. Pariwisata

Penanggung Jawab Masalah Teknis

Subdit Statistik Pariwisata

Penanggung Jawab Metode Pengumpulan Data

Subdit Statistik Pariwisata

Penanggung Jawab Metode Pengolahan Data

Subdit Statistik Pariwisata

Penanggung Jawab Diseminasi Data

Penanggung Jawab Sumber Dana

Subdit Statistik Pariwisata

Informasi Pengumpulan Data

Penjelasan Umum

Pariwisata mempunyai peran penting dalam pembangunan nasional, terutama sebagai penggerak ekonomi masyarakat. Kegiatan pariwisata merupakan mata rantai kegiatan yang sangat panjang dan luas dari berbagai kegiatan yang menampung penyerapan tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja serta dapat mendorong kegiatan ekonomi lainnya. Disamping itu, kegiatan kepariwisataan akan memperluas pemerataan pembangunan, memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa serta memperkenalkan budaya bangsa. Untuk mendukung hal tersebut maka diperlukan data statistik dan informasi yang lengkap, cermat dan runtun. Diantaranya adalah data mengenai restoran dan rumah makan. Statistik restoran dan rumah makan memuat data-data yang menunjukkan perkembangan jumlah dan profil usaha retoran dan rumah makan, penyerapan tenaga kerja serta data-data lain yang terkait.

Tujuan dan Manfaat Kegiatan

Mengumpulkan data jumlah usaha restoran dan rumah makan yang berskala menengah dan besar di seluruh Indonesia; profil usaha, jumlah tenaga kerja, jumlah tamu/ pengunjung, dan perkembangan usaha restoran dan rumah makan yang berskala menengah dan besar; serta struktur pendapatan dan pengeluaran usaha. Data/informasi tersebut dapat digunakan sebagai dasar dalam pengambil kebijakan, baik bagi pemerintah maupun pelaku usaha.

Frekuensi Kegiatan

Tahunan

Riwayat Kegiatan

Pengumpulan data dilakukan di 34 provinsi, terhadap usaha restoran/rumah makan yang berkategori menengah dan besar. Kegiatan ini mulai dilakukan sejak tahun 2007 sebagai kelanjutan dari kegiatan SE2006.

Perubahan yang terjadi dari kegiatan sebelumnya

Penambahan variabel penggunaan internet dan fasilitas e-commerce; status penanaman modal, persentase permodalan, dan sumber modal.

Frekuensi Pengumpulan Data

- Tahunan

Tipe Pengumpulan Data

Longitudinal

Indikator Pengumpulan Data Longitudinal

Trend Studies

Referensi yang Digunakan

Undang-undang Republik Indonesia nomor 9 tahun 1990 tentang kepariwisataan Juncto UU RI no. 10 Tahun 2009.

Klasifikasi yang Digunakan

- Klasifikasi/Master Wilayah: Master File Desa (MFD) Online Semester II tahun 2014 - Klasifikasi/Master Komoditas: Klasifikasi Baku Komoditas Indonesia (KBKI) 2013 - Klasifikasi/Master Lapangan Usaha: Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 2009 - Klasifikasi/Master Lainnya: -

Jadwal Kegiatan
Perencanaan/ Persiapan01 Jan 2016 s.d. 31 Mar 2016
Pelaksanaan Lapangan01 Apr 2016 s.d. 30 Apr 2016
Pengolahan08 Apr 2016 s.d. 30 Sep 2016
Analisis01 Oct 2016 s.d. 31 Oct 2016

Variabel Utama dan Konsep yang Digunakan

Nama Variabel Referensi Waktu
Profil perusahaan/ usaha restoran dan rumah makan berskala menengah dan besar. 
Restoran/ rumah makan adalah usaha yang mencakup jenis usaha jasa pangan yang bertempat di sebagian atau seluruh bangunan permanen yang menjual dan menyajikan makanan dan minuman untuk umum di tempat usahanya, baik dilengkapi dengan peralatan/perlengkapan untuk proses pembuatan dan penyimpanan maupun tidak dan telah mendapatkan surat keputusan sebagai restoran/rumah makan dari instansi yang membinanya.
Tahun 2015
Tenaga kerja dengan berbagai klasifikasinya (jenis kelamin, status pekerja, pendidikan dan sertifikasi) 
Bekerja adalah kegiatan ekonomi dengan maksud memperoleh atau membantu memperoleh pendapatan atau keuntungan, paling sedikit dilakukan selama 1 jam (tidak terputus) dalam seminggu sebelumnya.
Tahun 2015
Struktur pendapatan dan pengeluaran usaha 
Pendapatan adalah seluruh arus masuk aktiva atau aktiva bersih ke dalam perusahaan sebagai hasil penjualan barang atau jasa. Biaya adalah Aliran Keluar (out flows) atau pemakaian aktiva atau timbulnya hutang (atau kombinasi keduanya) selama satu periode yang berasal dari penjualan atau produksi barang, atau penyerahan jasa atau pelaksanaan kegiatan yang lain yang merupakan kegiatan utama suatu usaha.
Tahun 2015

Metodologi

Cara Pengumpulan Data

Survei

Rancangan Sampel

Cakupan Wilayah

Sebagian kabupaten/kota

Wilayah Kegiatan

ProvinsiKabupaten
ACEHACEH TENGAH, ACEH BESAR, PIDIE, PIDIE JAYA, KOTA BANDA ACEH, KOTA SABANG, KOTA LANGSA, KOTA LHOKSEUMAWE, KOTA SUBULUSSALAM,
SUMATERA BARATSOLOK, KOTA PADANG, KOTA PADANG PANJANG, KOTA BUKITTINGGI, KOTA PAYAKUMBUH,
RIAUINDRAGIRI HULU, PELALAWAN, SIAK, KAMPAR, BENGKALIS, KOTA PEKANBARU,
JAMBIKOTA JAMBI,
SUMATERA SELATANOGAN KOMERING ULU, OGAN KOMERING ILIR, KOTA PALEMBANG, KOTA PRABUMULIH,
BENGKULUKOTA BENGKULU,
LAMPUNGLAMPUNG SELATAN, LAMPUNG TENGAH, LAMPUNG UTARA, KOTA BANDAR LAMPUNG,
KEPULAUAN BANGKA BELITUNGBANGKA, BELITUNG, KOTA PANGKAL PINANG,
KEPULAUAN RIAUKARIMUN, KOTA BATAM, KOTA TANJUNG PINANG,
DKI JAKARTAKODYA JAKARTA SELATAN, KODYA JAKARTA TIMUR, KODYA JAKARTA PUSAT, KODYA JAKARTA BARAT, KODYA JAKARTA UTARA,
JAWA BARATBOGOR, CIANJUR, BANDUNG, GARUT, TASIKMALAYA, CIAMIS, KUNINGAN, CIREBON, MAJALENGKA, SUMEDANG, INDRAMAYU, SUBANG, PURWAKARTA, KARAWANG, BEKASI, BANDUNG BARAT, KOTA BOGOR, KOTA SUKABUMI, KOTA BANDUNG, KOTA CIREBON, KOTA BEKASI, KOTA DEPOK, KOTA CIMAHI, KOTA TASIKMALAYA, KOTA BANJAR,
JAWA TENGAHCILACAP, BANYUMAS, KEBUMEN, SRAGEN, GROBOGAN, SEMARANG, KENDAL, BATANG, TEGAL, BREBES, KOTA MAGELANG, KOTA SURAKARTA, KOTA SALATIGA, KOTA SEMARANG, KOTA PEKALONGAN, KOTA TEGAL,
DI YOGYAKARTASLEMAN, KOTA YOGYAKARTA,
JAWA TIMURKEDIRI, JEMBER, PASURUAN, SIDOARJO, JOMBANG, MADIUN, NGAWI, GRESIK, KOTA MALANG, KOTA SURABAYA,
BANTENPANDEGLANG, LEBAK, TANGERANG, SERANG, KOTA TANGERANG, KOTA CILEGON, KOTA SERANG, KOTA TANGERANG SELATAN,
BALITABANAN, BADUNG, GIANYAR, BANGLI, KARANG ASEM, KOTA DENPASAR,
NUSA TENGGARA BARATLOMBOK TENGAH, KOTA MATARAM,
NUSA TENGGARA TIMURKOTA KUPANG,
KALIMANTAN BARATKETAPANG, KOTA PONTIANAK,
KALIMANTAN TENGAHKOTA PALANGKA RAYA,
KALIMANTAN SELATANTANAH LAUT, KOTA BANJARMASIN, KOTA BANJAR BARU,
KALIMANTAN TIMURKOTA BALIKPAPAN, KOTA SAMARINDA,
KALIMANTAN UTARATARAKAN,
SULAWESI UTARAKOTA MANADO,
SULAWESI TENGAHKOTA PALU,
SULAWESI SELATANMAROS, BONE, WAJO, KOTA MAKASSAR, KOTA PARE-PARE, KOTA PALOPO,
SULAWESI TENGGARAKOTA KENDARI, KOTA BAU-BAU,
GORONTALOKOTA GORONTALO,
SULAWESI BARATPOLEWALI MANDAR, MAMUJU,
MALUKUKOTA AMBON,
MALUKU UTARAKOTA TERNATE,
PAPUA BARATMANOKWARI,
PAPUAKOTA JAYAPURA,

Unit Observasi

Perusahaan/usaha restoran dan rumah makan yang berskala menengah besar

Cakupan Responden

Seluruh pemilik/penanggung jawab usaha spa yang berskala menengah besar

Menggunakan data sekunder dari unit kerja/instansi lain

Ya

Pengumpulan Data

Metode Pengumpulan Data

Wawancara Langsung

Melakukan Pilot Study

Tidak

Instrumen yang Digunakan

Kuesioner VREST

Petugas Pengumpulan Data

- Staf
- KSK

Jumlah Petugas Pengumpulan Data
Pengawas/Kortim Orang
Pencacah Orang
Mengadakan Pelatihan Petugas

Tidak

Metode untuk mengetahui kinerja pengumpulan data

- Supervisi

Penyesuaian Non Respon

Tidak Ada Penggantian Sampel

Pengolahan Data

Unit Kerja yang Melakukan Pengolahan

- Sendiri

Metode Pengolahan

- Batching
- Editing
- Coding
- Data Entri/Scan
- Verifikasi
- Validasi
- Tabulasi

Teknologi/Aplikasi yang Digunakan

Visual Basic

Estimasi dan Analisis

Metode Analisis

Deskriptif

Unit Analisis

Perusahaan/usaha restoran dan rumah makan yang berskala menengah besar

Ada unit kerja lain yang menggunakan data ini

Ya

Kualitas dan Interpretasi Data

Perlakuan terhadap outlier, secara umum

Revisi dengan Menggunakan Nilai Rata-rata Kelompok

Perbandingan Data

3

Metode Revisi Data

Perbaikan data yang tidak konsisten dan pemeriksaan ulang data outlier

Evaluasi

Melakukan Studi Evaluasi

Tidak

Diseminasi

Data yang didiseminasikan dibedakan menurut jenis kelamin

Tidak

Level penyajian sampai dengan tingkat

Dibedakan menurut daerah perkotaan/perdesaan

Tidak

Dokumentasi

Kuesioner

Kuesioner VREST

Penyimpanan Data

Kode Label Pertanyaan Domain Value

Indikator dan Konsep yang Digunakan

Displaying 1-7 of 7 results.
Rata-Rata Jumlah Pekerja
Rata-rata banykanya orang yang bekerja pada suatu restoran/ rumah makan dengan menerima upah/gaji berupa uang dan/atau barang, baik tetap maupun tidak tetap.
Rata-Rata Jumlah Pendapatan Perusahaan
Rata-rata dari total pendapatan kegiatan perusahaan/usaha restoran yang merupakan penjumlahan dari pendapatan dari penjualan makanan dan minuman dengan pendapatan dari kegiatan lain yang berkaitan dengan usaha.
Rata-Rata Tempat Duduk Tersedia
Rata-rata daya tampung restoran/ rumah makan yang diperoleh dengan menghitung kapasitas banyaknya orang yang menempati tempat duduk yang tersedia.
Rata-rata Tamu per Hari pada Usaha Hotel/Akomodasi Lainnya
Hasil bagi jumlah tamu usaha akomodasi dengan jumlah hari kerja usaha akomodasi.
Persentase Perusahaan UMB Menurut Jaringan Usaha
Perusahaan restoran/rumah makan UMB adalah restoran/rumah makan yang memiliki bentuk badan hukum dan/atau memiliki pendapatan usaha di atas 1 milyar rupiah.
Persentase Perusahaan UMB Menurut Tahun Mulai Beroperasi
Perusahaan restoran/rumah makan UMB adalah restoran/rumah makan yang memiliki bentuk badan hukum dan/atau memiliki pendapatan usaha di atas 1 milyar rupiah.
Persentase Perusahaan UMB Menurut Jenis Kelamin Pengusaha
Perusahaan restoran/rumah makan UMB adalah restoran/rumah makan yang memiliki bentuk badan hukum dan/atau memiliki pendapatan usaha di atas 1 milyar rupiah.





























Data MikroLayoutUnduh
Kuesioner
Kuesioner VREST 
Metadata kegiatan statistik sektoral/khusus yang tersedia merupakan hasil penghimpunan tahun 2016. Metadata sebelumnya dapat diakses melalui SIRuSa 2014.
Copyright © 2017 Badan Pusat Statistik. All Rights Reserved.