Kompilasi Data Statistik Indikator Pertanian, 2013

Tahun Kegiatan
2013
Produsen : Subdit. Stat. Hortikultura
Sektor Kegiatan : Pertanian
Sumber Dana : APBN
Metadata : Dokumentasi dalam PDF

Penanggung Jawab Kegiatan

Penyelenggara

Subdit. Stat. Hortikultura

Penanggung Jawab Masalah Teknis

Subdirektorat Statistik Hortikultura

Penanggung Jawab Metode Pengumpulan Data

Direktorat Pengembangan Metodologi Sensus dan Survei

Penanggung Jawab Metode Pengolahan Data

Direktorat Sistem Informasi Statistik

Penanggung Jawab Diseminasi Data

Direktorat Diseminasi Statistik

Penanggung Jawab Sumber Dana

Subdirektorat Statistik Hortikultura

Informasi Pengumpulan Data

Penjelasan Umum

Penyelenggaraan Sensus Pertanian dilakukan oleh BPS sejak tahun 1963, artinya Sensus Pertanian 2013 (ST2013) adalah yang keenam kalinya. ST2013 merupakan kegiatan besar sehingga pelaksanaannya harus dilakukan dalam beberapa tahapan baik dalam persiapan maupun pelaksanaannya. Persiapan ST2013 sudah dilaksanakan mulai tahun 2010. Pada tahun 2012 telah dilaksanakan updating Direktori Perusahaan Pertanian (DPP). Pada bulan Mei tahun 2013 telah dilaksanakan pencacahan lengkap rumah tangga usaha pertanian dan pada bulan November tahun 2013 akan dilaksanakan pencacahan sampel Survei Pendapatan Rumah Tangga Usaha Pertanian Tahun 2013 (SPP 2013). Tahun 2014 akan dilaksanakan pencacahan sampel Survei Sub sektor.

Tujuan dan Manfaat Kegiatan

1. Mendapatkan data mengenai pendapatan/penerimaan rumah tangga usaha pertanian beserta struktur pendapatan menurut sub sektor. 2. Mendapatkan data mengenai penguasaan, penggunaan, konversi, dan mutasi lahan dari rumah tangga usaha pertanian. 3. Mendapatkan data mengenai keadaan sosial ekonomi dan ketahanan pangan rumah tangga usaha pertanian.

Frekuensi Kegiatan

Sepuluh Tahunan

Riwayat Kegiatan

Sensus Pertanian 2013 (ST2013) merupakan Sensus Pertanian yang keenam yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik. Sensus Pertanian sebelumnya dilaksanakan pada tahun 1963, 1973, 1983, 1993, dan 2003.

Frekuensi Pengumpulan Data

- Tahunan

Tipe Pengumpulan Data

Cross Sectional

Jadwal Kegiatan
Perencanaan/ PersiapanN/A s.d. 14 Nov 2013
Pelaksanaan Lapangan01 Nov 2013 s.d. 30 Nov 2013
Pengolahan01 Dec 2013 s.d. 31 Mar 2014
Analisis01 Jun 2013 s.d. 30 Jun 2014

Variabel Utama dan Konsep yang Digunakan

Nama Variabel Referensi Waktu
Ekspor 
Barang-barang yang dikirim ke luar negeri untuk diolah dicatat sebagai ekspor, sedangkan hasil olahan yang dikembalikan ke Indonesia dicatat sebagai impor. Barang-barang yang tidak dicakup dalam pencatatan : a. pakaian dan barang-barang perhiasan penumpang. b. barang-barang bawaan penumpang dari luar negeri untuk dipakai sendiri, kecuali lemari es, pesawat televisi dan sebagainya. c. barang-barang untuk keperluan perwakilan kedutaan suatu negara. d. barang-barang ekspedisi dan ekshibisi atau pameran. e. barang-barang militer, yang diimpor langsung oleh angkatan bersenjata f. pembungkus/peti kemas untuk diisi kembali. g. uang dan surat-surat berharga. h. barang-barang contoh.
Bulanan setahun yang lalu s/d 2 bulan sebelum publikasi
Impor 
Barang-barang yang dikirim ke luar negeri untuk diolah dicatat sebagai ekspor, sedangkan hasil olahan yang dikembalikan ke Indonesia dicatat sebagai impor. Barang-barang yang tidak dicakup dalam pencatatan : a. pakaian dan barang-barang perhiasan penumpang. b. barang-barang bawaan penumpang dari luar negeri untuk dipakai sendiri, kecuali lemari es, pesawat televisi dan sebagainya. c. barang-barang untuk keperluan perwakilan kedutaan suatu negara. d. barang-barang ekspedisi dan ekshibisi atau pameran. e. barang-barang militer, yang diimpor langsung oleh angkatan bersenjata f. pembungkus/peti kemas untuk diisi kembali. g. uang dan surat-surat berharga. h. barang-barang contoh.
Bulanan setahun yang lalu s/d 2 bulan sebelum publikasi
Produksi tanaman perkebunan 
Produksi tanaman perkebunan adalah total produksi dari perkebunan rakyat, Perkebunan besar negara, perkebunan besar swasta
-
Produksi Tanaman Kehutanan 
Produksi dari kayu bulat dan gergajian
-
Produksi Perikanan Budidaya 
Produksi perikanan budidaya mencakup semua hasil budidaya ikan/binatang air lainnya/tanaman air yang dipanen dari sumber perikanan alami atau dari tempat pemeliharaan, baik yang diusahakan perusahaan perikanan maupun rumah tangga perikanan. Produksi yang dimaksud adalah semua hasil yang diperoleh baik yang dijual maupun yang dikonsumsi di rumah tangga atau yang dibayar sebagai upah
-

Metodologi

Cara Pengumpulan Data

Survei

Jenis Rancangan Sampel

Multi Stage/Phase

Metode Pemilihan Sampel Stage Terakhir

Sampel probabilitas

Metode Pemilihan Sampel Probabilitas

Metode penarikan sampel yang digunakan adalah metode penarikan sampel dua tahap terstratifikasi (two-stage stratified sampling design), dengan prosedur sebagai berikut: 1. Tahap pertama, dari kerangka sampel blok sensus dipilih sejumlah blok sensus secara probability proportional to size dengan size rumah tangga usaha pertanian. 2. Tahap kedua, dari setiap blok sensus terpilih, dipilih sejumlah rumah tangga secara sistematik sampling dengan subsektor utama danluas lahan pertanian sebagai implicit stratification.

Rancangan Sampel

Kerangka Sampel

Kerangka sampel yang digunakan adalah: - Kerangka sampel untuk pemilihan sampel blok sensus, yaitu daftar blok sensus ST2013 yang distratifikasi menurut subsektor utama rumah tangga usaha pertanian. - Kerangka sampel untuk pemilihan sampel rumah tangga, yaitu daftar nama kepala rumah tangga di setiap blok sensus terpilih yang diurutkan menurut subsektor utama rumah tangga usaha pertanian dan luas lahan pertanian. Informasi ini diperoleh dari hasil pengolahan dokumen ST2013-L Blok IIB Rincian 214 dan Blok IX.

Perkiraan Sampling Error

2

Unit Sampel

Rumah tangga pertanian

Alokasi Sampel

418.060 rumah tangga pertanian

Cakupan Wilayah

Seluruh kabupaten/kota

Wilayah Kegiatan

ProvinsiKabupaten
DKI JAKARTAKODYA JAKARTA SELATAN, KODYA JAKARTA PUSAT,

Unit Observasi

Rumah tangga pertanian

Cakupan Responden

Pengelola usaha pertanian

Menggunakan data sekunder dari unit kerja/instansi lain

Tidak

Pengumpulan Data

Metode Pengumpulan Data

Wawancara langsung

Melakukan Pilot Study

Ya ,

Instrumen yang Digunakan

- Sketsa peta wilayah - Kuesioner

Petugas Pengumpulan Data

- Mitra

Jumlah Petugas Pengumpulan Data
Pengawas/Kortim3 Orang
Pencacah10 Orang
Mengadakan Pelatihan Petugas

Ya

Metode untuk mengetahui kinerja pengumpulan data

- Supervisi

Penyesuaian Non Respon

Tidak Ada Penggantian Sampel

Pengolahan Data

Unit Kerja yang Melakukan Pengolahan

- Integrasi Pengolahan

Metode Pengolahan

- Batching
- Editing
- Coding
- Data Entri/Scan
- Verifikasi
- Validasi
- Tabulasi

Estimasi dan Analisis

Metode Analisis

Analisis Deskriptif

Unit Analisis

Rumah tangga pertanian

Ada unit kerja lain yang menggunakan data ini

Ya

Kualitas dan Interpretasi Data

Perlakuan terhadap outlier, secara umum

Tidak Digunakan

Keterbandingan Data

Data hasil kegiatan sejenisnya sepuluh tahun yang lalu

Evaluasi

Melakukan Studi Evaluasi

Tidak

Diseminasi Publikasi

Diseminasi Data Mikro

Ketersediaan data mikro

Dari tahun

Dokumentasi

Kuesioner

LEMBAR KERJA INDIKATOR PERTANIAN 2012/2013

Penyimpanan Data

Harddisk
Server

Indikator dan Konsep yang Digunakan

Displaying 1-10 of 13 results.
Angka Indeks Produksi
Angka yang menunjukkan perbandingan produksi suatu komoditi atau kelompok komoditi dalam dua waktu yang berbeda dan telah ditentukan waktunya
Distribusi Persentase PDB Sektor/Subsektor Pertanian
Perbandingan produksi unit pengamatan (komoditi) terhadap kelompoknya sehingga diketahui besaran sumbangan (share) hasil pengukuran suatu bagian data terhadap keseluruhan data yang sama.
Indeks Berantai Luas Panen
Angka yang menunjukkan perbandingan luas panen suatu komoditi dan hasil-hasilnya pada tahun tertentu terhadap periode tahun sebelumnya
Indeks Berantai Produksi Tanaman Perkebunan
Indeks berantai produksi tanaman perkebunan adalah angka yang menunjukkan perbandingan produksi suatu komoditi tanaman perkebunan pada tahun tertentu terhadap periode tahun sebelumnya. Terdapat dua jenis perkebunan yaitu perkebunan besar yang dikelola oleh perusahaan baik milik negara maupun milik swasta dan perkebunan rakyat yang dikelola oleh masyarakat. Metode peng-hitungan indeks berantai adalah dengan melakukan perbandingan hasil pengukuran data tahun berjalan (tahun t ) dengan data tahun sebelumnya (tahun t-1).
Indeks Berantai Produksi Tanaman Kehutanan
Indeks berantai produksi tanaman kehutanan adalah angka yang menunjukkan perbandingan produksi suatu komoditi tanaman kehutanan dan hasil-hasilnya pada tahun tertentu terhadap periode tahun sebelumnya. Produksi tanaman kehutanan dapat berupa tanaman hutan rakyat maupun hutan yang dikelola oleh Perusahaan Hak Pengusaha Hutan yaitu usaha berbentuk badan usaha/hukum yang bergerak di bidang pengambilan hasil hutan. Metode penghitungan indeks berantai produksi kehutanan adalah dengan melakukan perbandingan hasil pengukuran pada tahun berjalan (tahun t) dengan data tahun sebelumnya (tahun t-1)
Indeks Berantai Produksi Daging, Telur, dan Susu
Indeks berantai produksi daging, telur dan susu adalah angka yang menunjuk-kan perbandingan produksi daging, telur dan susu pada tahun tertentu terhadap periode tahun sebelumnya. Metode penghitungan indeks berantai adalah dengan melakukan perbandingan hasil pengukuran data tahun berjalan (tahun t) dengan data tahun sebelumnya (tahun t-1)
Indeks Berantai Produksi Perikanan Budidaya
Indeks berantai produksi perikanan budidaya adalah angka yang menunjukkan perbandingan produksi perikanan budidaya pada tahun tertentu terhadap periode tahun sebelumnya. Produksi perikanan budidaya mencakup semua hasil budidaya ikan/binatang air lainnya/tanaman air yang dipanen dari sumber perikanan alami atau dari tempat pemeliharaan, baik yang diusahakan perusahaan perikanan maupun rumah tangga perikanan. Produksi yang dimaksud adalah semua hasil yang diperoleh, baik yang dijual atau yang dibayar sebagai upah. Metode penghitungan indeks berantai produksi perikanan budidaya adalah dengan melakukan perbandingan hasil pengukuran data tahun berjalan (tahun t) dengan data tahun sebelumnya(tahun t-1)
Indeks Berantai Produksi Perikanan Tangkap
Indeks berantai produksi perikanan tangkap adalah angka yang menunjukkan perbandingan produksi perikanan tangkap pada tahun tertentu terhadap periode tahun sebelumnya. Produksi perikanan tangkap mencakup semua hasil penangkapan ikan/binatang air lainnya/ tanaman air yang ditangkap dari sumber perikanan alami di laut atau perairan umum secara bebas dan bukan milik perorangan. Produksi yang dimaksud adalah semua hasil yang diperoleh, baik yang dijual atau yang dibayar sebagai upah. Metode penghitungan indeks berantai produksi perikanan tangkap adalah dengan melakukan perbandingan hasil pengukuran data tahun berjalan (tahun t) dengan data tahun sebelumnya (tahun t-1).
Indeks Berantai Produksi Tanaman Hortikultura
Indeks berantai produksi tanaman hortikultura adalah angka yang menunjukkan perbandingan produksi suatu komoditi tanaman hortikultura pada tahun tertentu terhadap periode tahun sebelumnya. Tanaman hortikultura terdiri atas kelompok sayur-sayuran dan buah-buahan. Metode penghitungan indeks berantai adalah dengan mela-kukan perbandingan hasil pengukuran data tahun berjalan (tahun t) dengan data tahun sebelumnya (tahun t-1).
Indeks Berantai Banyaknya Kapal(perahu) Penangkap Ikan di Laut
Indeks berantai banyaknya kapal/perahu penangkap ikan di laut adalah angka yang menunjukkan perbandingan banyaknya kapal/perahu penangkap ikan di laut pada tahun tertentu terhadap periode tahun sebelumnya. Metode penghitungan indeks berantai adalah dengan melakukan perbandingan hasil pengukuran data tahun berjalan (tahun t) dengan tahun sebelumnya (tahun t-1)





























Metadata kegiatan statistik sektoral/khusus yang tersedia merupakan hasil penghimpunan tahun 2018. Metadata sebelumnya dapat diakses melalui SIRuSa 2014.
Copyright © 2019 Badan Pusat Statistik. All Rights Reserved.