Kompilasi Data Statistik Indonesia, 2014

Tahun Kegiatan
2014
Produsen : Subdit. Indikator Statistik
Sektor Kegiatan : Lainnya
Sumber Dana : PNBP
Metadata : Dokumentasi dalam PDF

Penanggung Jawab Kegiatan

Penyelenggara

Subdit. Indikator Statistik

Penanggung Jawab Masalah Teknis

SUBDIT. INDIKATOR STATISTIK

Penanggung Jawab Metode Pengumpulan Data

SUBDIT. INDIKATOR STATISTIK

Penanggung Jawab Metode Pengolahan Data

SUBDIT. INDIKATOR STATISTIK

Penanggung Jawab Diseminasi Data

SUBDIT PUBLIKASI DAN KOMPILASI STATISTIK

Penanggung Jawab Sumber Dana

SUBDIT. INDIKATOR STATISTIK

Informasi Pengumpulan Data

Penjelasan Umum

Sebagai instansi pemerintah Non-Kementerian yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden, BPS bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang statistik sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Oleh karena itu dengan berlandaskan pada beberapa UU dan Peraturan Pemerintah, BPS memiliki tugas utama menyediakan data bagi Pemerintah dan masyarakat umum yang dikumpulkan dari berbagai kegiatan statistik lengkap melalui sensus, survei, dan kompilasi catatan administrasi/data sekunder. Data dan informasi yang disediakan oleh BPS tersebut dapat dimanfaatkan oleh berbagai kalangan. Bagi Pemerintah, data BPS dapat menjadi bahan perencanaan, pengawasan, dan evaluasi pelaksanaan pembangunan di berbagai bidang. Bagi kalangan dunia usaha, dapat digunakan sebagai dasar pengembangan usaha, penentuan sumber pembiayaan, perkiraan produksi, perencanaan dan pengembangan pemasaran. Sedangkan bagi kalangan akademik dan masyarakat lainnya, menjadi bahan rujukan suatu penelitian atau perencanaan suatu kegiatan. Kumpulan data dan informasi yang dihasilkan oleh BPS disajikan dalam suatu publikasi tahunan Statistik Indonesia (Statistical Yearbook of Indonesia) yang berisi gambaran statistik lengkap mengenai kondisi perekonomian, sosial, dan lintas sektor di Indonesia. Dengan bersumber dari data primer hasil pengumpulan data BPS melalui sensus dan survei serta data sekunder dari berbagai instansi sektoral di Indonesia, publikasi ini antara lain menyajikan keadaan geografi dan iklim, pemerintahan, penduduk dan ketenagakerjaan, sosial dan kesejahteraan rakyat, pertanian, pertambangan dan energi, industri manufaktur, konstruksi, pariwisata, transportasi dan komunikasi, perbankan, investasi, utang luar negeri, asuransi, dan koperasi, harga-harga, pengeluaran penduduk serta ketersediaan dan konsumsi makanan, perdagangan luar negeri, sistem neraca nasional, dan perbandingan internasional. Referensi waktu penyajian data bersifat triwulanan, semesteran, dan tahunan. Beberapa data yang disajikan pada publikasi ini merupakan data tahun berjalan sampai dengan semester satu. Beberapa tabel tertentu menyajikan data pada tingkat provinsi dan internasional untuk melihat keterbandingan antar wilayah dan antar negara. Untuk memudahkan pemanfaatan data, disertakan juga penjelasan teknis dari setiap statistik yang ditampilkan. Publikasi ini juga disajikan dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris

Tujuan dan Manfaat Kegiatan

- Data dan informasi yang disediakan oleh BPS tersebut dapat dimanfaatkan oleh berbagai kalangan. Bagi Pemerintah, data BPS dapat menjadi bahan perencanaan, pengawasan, dan evaluasi pelaksanaan pembangunan di berbagai bidang. Bagi kalangan dunia usaha, dapat digunakan sebagai dasar pengembangan usaha, penentuan sumber pembiayaan, perkiraan produksi, perencanaan dan pengembangan pemasaran. Sedangkan bagi kalangan akademik dan masyarakat lainnya, menjadi bahan rujukan suatu penelitian atau perencanaan suatu kegiatan, - Mengumpulkan data dari BPS dan instansi sektoral, - Menyediakan data bidang perekonomian, sosial, dan lintas sektor di Indonesia secara series dan berguna bagi seluruh kalangan pengguna data.

Frekuensi Kegiatan

Tahunan

Perubahan yang terjadi dari kegiatan sebelumnya

Pada tahun 2009 terjadi penambahan, di antaranya; - Jumlah bab dari 13 bab menjadi 16 bab. - Ukuran buku berubah dari 19 cm x 27 cm menjadi 17,6 cm x 25 cm - Muatan bab, tidak disajikan uraian/analisis tabel - Disajikan statistik kunci, mencakup beberapa indikator penting bidang sosial ekonomi selama sepuluh tahun terakhir.

Frekuensi Pengumpulan Data

- Tahunan

Tipe Pengumpulan Data

Longitudinal

Jadwal Kegiatan
Perencanaan/ Persiapan21 Jan 2014 s.d. 17 Feb 2014
Pelaksanaan Lapangan18 Feb 2014 s.d. 28 Mar 2014
PengolahanN/A s.d. N/A
Analisis21 Jan 2014 s.d. N/A

Variabel Utama dan Konsep yang Digunakan

Nama Variabel Referensi Waktu
No results found.

Metodologi

Cara Pengumpulan Data

Kompilasi

Rancangan Sampel

Cakupan Wilayah

Seluruh kabupaten/kota

Unit Observasi

Cakupan Responden

Menggunakan data sekunder dari unit kerja/instansi lain

Tidak

Pengumpulan Data

Metode Pengumpulan Data

Pengamatan (observasi)

Melakukan Pilot Study

Tidak

Instrumen yang Digunakan

Petugas Pengumpulan Data

Jumlah Petugas Pengumpulan Data
Pengawas/Kortim Orang
Pencacah Orang
Mengadakan Pelatihan Petugas

Tidak

Metode untuk mengetahui kinerja pengumpulan data

Penyesuaian Non Respon

Pengolahan Data

Unit Kerja yang Melakukan Pengolahan

Metode Pengolahan

Estimasi dan Analisis

Metode Analisis

Unit Analisis

-

Ada unit kerja lain yang menggunakan data ini

Tidak

Kualitas dan Interpretasi Data

Perlakuan terhadap outlier, secara umum

Evaluasi

Melakukan Studi Evaluasi

Tidak

Diseminasi Publikasi

Diseminasi Data Mikro

Ketersediaan data mikro

Dari tahun

Dokumentasi

Kuesioner

Kode Label Pertanyaan Domain Value

Indikator dan Konsep yang Digunakan

No results found.





























Kuesioner
Metadata kegiatan statistik sektoral/khusus yang tersedia merupakan hasil penghimpunan tahun 2018. Metadata sebelumnya dapat diakses melalui SIRuSa 2014.
Copyright © 2019 Badan Pusat Statistik. All Rights Reserved.