Survei Tingkat Penghunian Kamar Hotel, 2014

Tahun Kegiatan
2014
Produsen : Subdit. Stat. Pariwisata
Sektor Kegiatan : Keuangan, Niaga dan Jasa
Sumber Dana : APBN
Metadata : Dokumentasi dalam PDF

Penanggung Jawab Kegiatan

Penyelenggara

Subdit. Stat. Pariwisata

Penanggung Jawab Masalah Teknis

Subdit. Stat. Pariwisata

Penanggung Jawab Metode Pengumpulan Data

Subdit. Stat. Pariwisata

Penanggung Jawab Metode Pengolahan Data

Subdit. Stat. Pariwisata

Penanggung Jawab Diseminasi Data

Subdit. Stat. Pariwisata

Penanggung Jawab Sumber Dana

Subdit. Stat. Pariwisata

Informasi Pengumpulan Data

Penjelasan Umum

Pariwisata mempunyai peran penting dalam pembangunan nasional, terutama sebagai penggerak ekonomi masyarakat. Kegiatan pariwisata merupakan mata rantai kegiatan yang sangat panjang dan luas dari berbagai kegiatan yang menampung penyerapan tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja serta dapat mendorong kegiatan ekonomi lainnya. Disamping itu, kegiatan kepariwisataan akan memperluas pemerataan pembangunan, memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa serta memperkenalkan budaya bangsa. Untuk mendukung hal tersebut maka diperlukan data statistik dan informasi yang lengkap, cermat dan runtun. Diantaranya adalah data mengenai hotel dan akomodasi lainnya. Statistik jasa akomodasi memuat data-data mengenai tingkat penghunian kamar dan jumlah tamu hoel baik domestik maupun asing

Tujuan dan Manfaat Kegiatan

Mengumpulkan data tingkat penghunian kamar hotel/akomodasi, rata-rata lamanya tamu menginap, dan jumlah tamu yang yang menginap di hotel/akomodasi. Data/informasi ini diharapkan dapat dijadikan landasan perencanaan dan evaluasi, baik oleh instansi pemerintah maupun swasta, untuk menentukan kebijakan terkait usaha tersebut.

Frekuensi Kegiatan

Bulanan

Riwayat Kegiatan

Pengumpulan data dilakukan di 33 propinsi, pendataan dilakukan terhadap semua hotel berbintang ( (sensus), sedangkan untuk non berbintang dilakukan secara sampel

Perubahan yang terjadi dari kegiatan sebelumnya

Sejak Januari 1998 kerangka sampel pencacahan usaha akomodasi nonbintang adalah semua usaha akomodasi nonbintang yang mempunyai kamar diatas 1 buah, sedangkan sebelum tahun 1998 kerangka sampel hanya pada usaha akomodasi nonbintang yang mempunyai kamar diatas 10 buah. Tahun 2014 ada penambahan variabel tarif hotel pada kuesionernya

Frekuensi Pengumpulan Data

- Bulanan

Tipe Pengumpulan Data

Longitudinal

Referensi yang Digunakan

a. Buku I Analisis Usaha dan pekerja sub sektor Akomodasi Depparpostel, Jakarta 1993 b. Undang-undang Republik Indonesia nomor 9 tahun 1990 tentang kepariwisataan. Juncto UU RI no. 10 Tahun 2009

Klasifikasi yang Digunakan

a. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 9 tahun 1990 tentang kepariwisataan. Juncto UU RI no. 10 Tahun 2009 b. Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 2009

Jadwal Kegiatan
Perencanaan/ PersiapanN/A s.d. 30 Nov 2013
Pelaksanaan Lapangan01 Feb 2014 s.d. 31 Jan 2015
Pengolahan10 Feb 2014 s.d. 30 Apr 2015
Analisis01 Oct 2013 s.d. 25 Jul 2015

Variabel Utama dan Konsep yang Digunakan

Nama Variabel Referensi Waktu
No results found.

Metodologi

Cara Pengumpulan Data

Survei

Jenis Rancangan Sampel

Single Stage/Phase

Metode Pemilihan Sampel Stage Terakhir

Sampel probabilitas

Metode Pemilihan Sampel Probabilitas

Pemilihan sampel untuk akomodasi (hotel) non bintang dilakukan secara acak (random)

Rancangan Sampel

Kerangka Sampel

Daftar perusahaan/ usaha akomodasi (hotel) yang terdapat di masing-masing kabupaten/ kota

Cakupan Wilayah

Seluruh kabupaten/kota

Unit Observasi

Perusahaan/usaha akomodasi (hotel)

Cakupan Responden

Seluruh usaha hotel berbintang dan sebagian usaha hotel (akomodasi) non bintang

Menggunakan data sekunder dari unit kerja/instansi lain

Tidak

Pengumpulan Data

Metode Pengumpulan Data

Wawancara langsung

Melakukan Pilot Study

Tidak

Instrumen yang Digunakan

Kuesioner VHTS

Petugas Pengumpulan Data

- Staf
- KSK

Jumlah Petugas Pengumpulan Data
Pengawas/Kortim Orang
Pencacah Orang
Mengadakan Pelatihan Petugas

Tidak

Metode untuk mengetahui kinerja pengumpulan data

- Revisit
- Supervisi

Penyesuaian Non Respon

Penggantian Sampel

Pengolahan Data

Unit Kerja yang Melakukan Pengolahan

- Sendiri

Metode Pengolahan

- Batching
- Editing
- Coding
- Data Entri/Scan
- Verifikasi
- Validasi
- Tabulasi

Teknologi/Aplikasi yang Digunakan

Program data entri dan tabulasi menggunakan Ms. Visual Foxpro versi 9

Estimasi dan Analisis

Metode Analisis

-

Unit Analisis

Nasional dan provinsi

Ada unit kerja lain yang menggunakan data ini

Ya

Kualitas dan Interpretasi Data

Perlakuan terhadap outlier, secara umum

Revisi dengan Menggunakan Nilai Rata-rata Kelompok

Metode Revisi Data

Perbaikan data yang tidak konsisten dan pemeriksaan ulang data outlier

Evaluasi

Melakukan Studi Evaluasi

Tidak

Rekomendasi untuk yang akan datang

Perlu dilakukan peningkatan pengawasan/ supervisi dan pengecekan kebenaran jawaban responden

Diseminasi Publikasi

Diseminasi Data Mikro

Ketersediaan data mikro

Dari tahun

Dokumentasi

Kuesioner

Penyimpanan Data

Harddisk

Kode Label Pertanyaan Domain Value

Indikator dan Konsep yang Digunakan

No results found.





























Kuesioner
Metadata kegiatan statistik sektoral/khusus yang tersedia merupakan hasil penghimpunan tahun 2018. Metadata sebelumnya dapat diakses melalui SIRuSa 2014.
Copyright © 2019 Badan Pusat Statistik. All Rights Reserved.