860

HIT

Cari Indikator Lainnya :
+ Filter
Nilai Tukar Nelayan dan Pembudidaya Ikan
Konsep Definisi
Perbandingan antara indeks harga yang diterima Nelayan dan Pembudidaya Ikan (It) dengan indeks harga yang dibayar Nelayan dan Pembudidaya Ikan (Ib) yang dinyatakan dalam persentase. Secara konsep NTP menyatakan tingkat kemampuan tukar atas barang-barang (produk) yang dihasilkan Nelayan dan Pembudidaya Ikan di pedesaan terhadap barang/jasa yang dibutuhkan untuk konsumsi rumah tangga dan keperluan dalam proses produksi Nelayan dan Pembudidaya Ikan.
Rumusan
Kegunaan
- Untuk mengukur kemampuan tukar (term of trade)produk yang dijual Nelayan dan Pembudidaya Ikan dengan produk yang dibutuhkan petani dalam berproduksi dan konsumsi rumah tangga - Untuk memperoleh gambaran tentang perkembangan tingkat pendapatan Nelayan dan Pembudidaya Ikan dari waktu ke waktu yang dapat dipakai sebagai dasar kebijakan untuk memperbaiki tingkat kesejahteraan Nelayan dan Pembudidaya Ikan Selain itu menunjukkan tingkat daya saing (competiveness) produk Nelayan dan Pembudidaya Ikan dibandingkan dengan produk lain.
Keterangan Tambahan
Selain dari Survei Harga Produsen Perdesaan (HPD) dan Survei Harga Konsumen Perdesaan (HKD), variabel penyusun indikator ini dilengkapi dari Survei Diagram Timbang Nilai Tukar Petani (SDT NTP), Sensus Pertanian, Survei Struktur Ongkos Usaha Tani, Susenas Modul Konsumsi, dan SBH.
Interpretasi
a. Nilai Tukar Nelayan dan Pembudidaya Ikan > 100 : berarti Nelayan dan Pembudidaya Ikan mengalami surplus. Pendapatan Nelayan dan Pembudidaya Ikan naik lebih besar daro pengeluarannnya, dengan demikian tingkat kesejahteraan Nelayan dan Pembudidaya Ikan lebih baik dibanding tingkat kesejahteraan Nelayan dan Pembudidaya Ikan sebelumnya. b. Nilai Tukar Nelayan dan Pembudidaya Ikan = 100 : berarti Nelayan dan Pembudidaya Ikan mengalami impas/break even. Tingkat kesejahteraan Nelayan dan Pembudidaya Ikan tidak mengalami perubahan. c. Nilai Tukar Nelayan dan Pembudidaya Ikan < 100 : berarti Nelayan dan Pembudidaya Ikan mengalami defisit. Tingkat kesejahteraan Nelayan dan Pembudidaya Ikan pada suatu periode mengalami penurunan dibanding tingkat kesejahteraan Nelayan dan Pembudidaya Ikan pada periode sebelumnya.


Lihat Selengkapnya Semua Indikator >>