9114

HIT

Cari Indikator Lainnya :
+ Filter
Indeks Harga yang Dibayar Petani (Ib)
Konsep Definisi
Indeks yang mengukur rata-rata perubahan harga dalam suatu periode dari suatu paket jenis barang dan jasa biaya produksi dan penambahan barang modal serta konsumsi rumah tangga di daerah perdesaan dengan dasar suatu periode tertentu.
Rumusan
Kegunaan
• Untuk melihat fluktuasi harga barang-barang yang dikonsumsi petani • Untuk melihat fluktuasi harga barang-barang yang dibutuhkan petani untuk memproduksi hasil pertanian.
Keterangan Tambahan
Selain dari Survei Harga Produsen (HPD) dan SUrvei Harga Konsumen Perdesaan (HKD), variabel penyusun indikator ini dilengkapi dari Survei Diagram Tambah Nilai Tukar Petani (SDT NTP), Susenas Modul Konsumsi, dan SBH.
Interpretasi
Semakin tinggi nilai Ib, maka semakin tinggi nilai konsumsi yang digunakan petani, sedangkan bila semakin turun maka konsumsi yang dikeluarkan petani rendah. Misalnya Ib Nas Sep’08 = 116,05 artinya tingkat harga kebutuhan petani (biaya produksi dan penambahan barang modal, serta konsumsi rumah tangga) pada bulan September 2008 mengalami kenaikan secara rata-rata 1,16 kali lipat dibandingkan dengan produkyang sama pada tahun dasar (2007).
Dihasilkan Oleh :
Survei Harga Konsumen Perdesaan tahun 2011
Survei Harga Produsen Perdesaan tahun 2011


Lihat Selengkapnya Semua Indikator >>