5692

HIT

Cari Indikator Lainnya :
+ Filter
Inflasi
Konsep Definisi
Merupakan persentase kenaikan harga sejumlah barang dan jasa yang secara umum dikonsumsi rumah tangga. Ada barang yang harganya naik dan ada yang tetap. Namun, tidak jarang ada barang/jasa yang harganya justru turun. Hitungan perubahan harga tersebut tercakup dalam suatu indeks harga yang dikena dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) atau Consumer Price Index (CPI). Persentase kenaikan IHK dikenal dengan inflasi, sedangkan penurunannya disebut deflasi.
Rumusan
Kegunaan
a. Indeksasi upah dan tunjangan gaji pegawai (wage-indexation). b. Penyesuaian Nilai Kontrak (Project Escalation). c. Eskalasi Nilai Proyek (Project Escalation). d. Penentuan Target Inflasi (Inflation targetting). e. Indeksasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (Budget indexation). f. Sebagai pembagi PDB, PDRB (GDP Deflator). g. Sebagai proksi perubahan biaya hidup (proxy of cost of living). h. Indikator dini tingkat bunga, valas, dan indeks harga saham.
Keterangan Tambahan
Variabel penyusun indikator Inflasi, selain diperoleh dari Survei Harga Konsumen, juga di lengkapi dari variabel yang diperoleh dari Survei Biaya Hidup (SBH).
Interpretasi
a. INFn < 0 : tingkat harga sejumlah barang dan jasa yang secara umum dikonsumsi rumah tangga pada waktu (bulan atau tahun) (n) mengalami penurunan dibandingkan waktu ( bulan atau tahun) (n-1). Keadaan ini disebut juga deflasi. b. INFn = 0 :tingkat harga sejumlah barang dan jasa yang secara umum dikonsumsi rumah tangga pada waktu (bulan atau tahun) (n) sama dengan waktu ( bulan atau tahun) (n-1). c. INFn > 0 : tingkat harga sejumlah barang dan jasa yang secara umum dikonsumsi rumah tangga pada waktu (bulan atau tahun) (n) mengalami peningkatan dibandingkan waktu ( bulan atau tahun) (n-1). Keadaan ini disebut juga inflasi.
Dihasilkan Oleh :
Survei Harga Konsumen tahun 2007

Indikator Terkait Lainnya :

Indeks Harga Konsumen (IHK)
Inflasi

Lihat Selengkapnya Semua Indikator >>