5233

HIT

Cari Indikator Lainnya :
+ Filter
Indeks Konsumsi Rumah Tangga (IKRT)
Konsep Definisi
Informasi mengenai perkembangan harga barang dan jasa yang dibayar konsumen di perdesaan. Jenis barang dan jasa tersebut dikelompokkan menjadi 7 kelompok, yaitu: bahan makanan; makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau; perumahan; sandang; kesehatan; pendidikan, rekreasi dan olah raga; transpor dan komunikasi.
Rumusan
Kegunaan
a). Mengetahui perubahan harga dari sekelompok tetap barang dan jasa yang pada umunya dikonsumsi masyarakat; b). Perubahan Indeks Harga Konsumsi Rumah Tangga (IKRT) dari waktu ke waktu menggambarkan tingkat kenaikan (inflasi) perdesaan atau tingkat penurunan (deflasi) perdesaan dari barang dan jasa kebutuhan rumah tangga sehari-hari; c). Sebagai pembagi upah riil; d). Sebagai proksi perubahan biaya hidup (proxy of cost living) di perdesaan.
Keterangan Tambahan
Pni = harga jenis barang I, periode ke-n P(n-1)I = harga jenis barang I, periode ke (n-1) P(n-1)i. Q0i = nilai konsumsi jenis barang I, periode ke- (n-1) P0i. Qoi = nilai konsumsi jenis barang I pada tahun dasar k = jumlah jenis barang paket komoditas Selain dari Susenas, variabel untuk indikator ini juga didapat dari Survei Pergantian Tahun Dasar 2007.
Interpretasi
a. IKRTn < 100; tingkat harga (konsumen/eceran) di perdesaan pada periode berjalan lebih kecil dibandingkan tahun dasar b. IKRTn = 100; tingkat harga (konsumen/eceran diperdesaan pada periode berjalan sama dengan tahun dasar. c. IKRTn > 100; tingkat harga (konsumen/eceran) di perdesaan pada periode berjalan lebih besar dibandingkan tahun dasar.
Dihasilkan Oleh :
Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) - Modul Konsumsi/Pengeluaran dan Pendapatan Penduduk (Tahunan) tahun 2008
Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) - Modul Konsumsi/Pengeluaran dan Pendapatan Penduduk (Tahunan) tahun 2005

Lihat Semua


Lihat Selengkapnya Semua Indikator >>